Laman

Minggu, 20 Januari 2019

Xiaomi Pamer Sensor Sidik Jari Layar Lebih Canggih

Xiaomi Pamer Sensor Sidik Jari Layar Lebih Canggih

INILAHCOM, Beijing - Sistem keamanan berupa pemindai sidik jari dalam layar atau in-display fingerprint, kini mulai diterapkan oleh banyak produsen smartphone ke produk-produk mereka.

Beberapa produsen bahkan terus mengembangkan sistem keamanan ini dengan teknologi lebih canggih untuk bersaing dengan para kompetitor. Salah satunya adalah Xiaomi.

Baru-baru ini, Co-founder yang juga President Xiaomi Lin Bin mengunggah prototipe sensor pemindai sidik jari dalam layar yang ia sebut sebagai 'next-generation' di akun medsia sosial Weibo miliknya.

Tidak banyak detail informasi yang diungkap Lin Bin dalam unggahan tersebut. Namun, ia mengatakan bahwa sensor ini akan menuntaskan dua perkara yang menjadi masalah dalam implementasi teknologi in-display fingerprint.

Masalah pertama adalah ketidakmampuan on-tap unlocking yang mengharuskan layar smartphone untuk menyala terlebih dahulu, baru kemudian bisa memindai sidik jari.

Nantinya, sensor pemindai sidik jari dalam layar dan software yang digunakan, akan memungkinkan pengguna untuk memilih opsi 'one-tap', sehingga mereka bisa langsung masuk ke perangkat dengan langsung menempelkan jari ke layar tanpa harus menghidupkan layar smartphone terlebih dulu.

Masalah kedua adalah area sensor yang terbatas untuk memindai sidik jari. Selama ini, smartphone hanya menempatkan sebagian kecil area di layar untuk menempatkan sensor pemindai sidik jari.

Adapun masalah kecil lain yang muncul adalah penanda letak sensor pemindai sidik jari itu tidak jelas, sehingga kadang membingungkan pengguna.

Menurut Lin Bin, sensor baru yang sedang dikembangkan oleh Xiaomi akan meningkatkan area aktif sensor seluas 25mm x 50,2mm, alias hampir sebesar layar smartphone.

Sayangnya, dia belum menyebutkan kapan sensor sidik jari dalam layar yang lebih canggih ini akan diterapkan ke dalam produk-produk smartphone besutan Xiaomi. Meski banyak yang berharap teknologi ini bisa diadopsi oleh flagship Xiaomi berikutnya, yakni Mi 9.

Penasaran seperti apa cara kerja sensor ini? Anda bisa saksikan langsung di video berikut:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar