Laman

Rabu, 25 Juli 2018

Facebook Buka Anak Perusahaan di China

Facebook Buka Anak Perusahaan di China

INILAHCOM, Beijing - Facebook dilaporkan telah membuka sebuah anak perusahaan di daratan China, sebuah langkah yang sangat dinantikan bagi raksasa jejaring sosial itu dan pendirinya, Mark Zuckerberg.

Bernama Lianshu Science & Technology, perusahaan itu diresmikan pada 18 Juli lalu dengan modal terdaftar sebesar US$30 juta atau sekitar Rp435 miliar. Dalam bahasa Mandarin, Lianshu berarti 'face' dan 'book'.

Facebook cabang Hong Kong memegang seluruh saham anak perusahaan tersebut.

Zhang Jinghai ditunjuk sebagai perwakilan hukum perusahaan baru tersebut, sedangkan David Kling dan Susan Taylor terdaftar sebagai direksi Lianshu.

Kling adalah wakil presiden Facebook, sedangkan Taylor adalah kepala akuntan raksasa internet itu, menurut profil LinkedIn mereka.

Zhang memegang peran yang sama di balik peluncuran aplikasi berbagi foto Facebook untuk China yang disebut Colorful Balloons pada tahun lalu, yang menciptakan kembali aplikasi Momen Facebook. Namun, aplikasi ini tidak pernah lepas landas, menandai kemunduran lain di China untuk jejaring sosial itu.

Facebook telah berusaha keras untuk mendobrak 'Great Firewall' yang secara ketat mengendalikan konten internet China sejak Facebook dilarang oleh Beijing pada tahun 2009.

CEO yang juga pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, telah melakukan beberapa kunjungan ke China. Dia sudah berusaha untuk menghibur politisi Beijing juga. Bahkan Zuckerberg dilaporkan meminta Presiden China Xi Jinping untuk memberikan nama China untuk putrinya. Namun, Xi menolak permintaan itu.

Terlepas dari upaya itu, Zuckerberg tidak dapat membuat Facebook lepas dari pemblokiran di China. Facebook tetap tidak bisa diakses di Beijing hingga saat ini.

Anak perusahaan Facebook baru, yang terdaftar di kota timur Hangzhou, akan terlibat dalam pengembangan jaringan IT, layanan teknologi dan konsultasi, di antara layanan lain, demikian laporan AFP.
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar