Laman

Kamis, 15 Juni 2017

Waze: Hari Selasa Waktu Terbaik Berangkat Mudik

Waze: Hari Selasa Waktu Terbaik Berangkat Mudik

INILAHCOM, Jakarta - Dalam menyambut mudik dan Lebaran 2017, Waze merilis survei yang menunjukkan waktu terbaik dan terburuk untuk mudik di musim liburan.

Hasil survei menunjukkan bahwa Selasa adalah hari terbaik untuk mengemudi (27 persen lebih sedikit pengendara), sedangkan Senin adalah hari terburuk untuk mengemudi (21 persen lebih banyak pengendara).

Survei tersebut menganalisa kemacetan lalu lintas di Indonesia dengan menggunakan informasi yang dimasukkan para pengguna Waze ke dalam aplikasi pada bulan Ramadan tahun lalu.

Untuk mendapatkan data dan temuan yang sebanding, Waze merekam data dari empat pekan sebelum dan empat pekan sesudah Lebaran.

Dari rekan data tersebut, Waze menemukan bahwa waktu terbaik untuk bepergian adalah di hari Selasa dimana jumlah pengendara di hari tersebut 27 persen lebih sedikit di bandingkan biasanya, dan hal ini berlaku sepanjang hari.

Begitu juga di hari Sabtu, lantaran jumlah pengendara di hari ini 16 persen lebih sedikit di bandingkan biasanya. Tetapi hal tersebut hanya berlaku untuk bepergian sebelum pukul 12.00.

Sedangkan waktu terburuk untuk bepergian adalah di hari Minggu dan Senin. Pada hari Minggu jumlah pengendara 16 persen lebih banyak, mulai pukul 10.00 hingga 22.00. Begitu juga di hari Senin dimana 21 persen jumlah pengemudi lebih banyak namun hanya bertahan selama empat jam, dari pukul 10.00 hingga pukul 14.00.

Temuan lainnya dalam survei adalah notifikasi gangguan perjalanan meningkat sebesar 65 persen, tingkat kecelakaan saat Ramadan meningkat sebesar 80 persen, kemacetan lalu lintas meningkat sebesar 64 persen, dan jumlah polisi di jalanan berkurang sebesar 19 persen.

Saat musim libur, jam sibuk dimulai lebih awal (sekitar pukul 10.00, dimana biasanya dimulai pukul 12.00). Tingkat kepadatan lalu lintas di beberapa kota di Indonesia juga meningkat, seperti Bandung, Cirebon, Denpasar, Malang, Semarang, Surakarta, dan Yogyakarta. Biasanya tingkat lalu lintas mulai menanjak sehari sebelum mudik Lebaran.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar