Laman

Senin, 29 Juli 2019

Honda Dominasi Podium F1 German Grand Prix

Honda Dominasi Podium F1 German Grand Prix

INILAHCOM, Hockenheim - Honda berhasil mendominasi podium dalam ajang balap F1 German Grand Prix yang berlangsung di Sirkuit Hockenheimring, Jerman, pada Minggu (28/7/2019).

Max Verstappen dari tim Aston Martin Red Bull Racing berhasil menjadi juara pertama, sementara Daniil Kyvat dari tim Scuderia Toro Rosso menduduki posisi ketiga.

Dengan medan yang basah karena hujan, para pembalap Honda mengawali balapan dengan posisi yang kurang menguntungkan. Namun, Verstappen kembali mengejar ketertinggalannya.

Menyesuaikan dengan kondisi, para pembalap melakukan pemberhentian beberapa kali di pit stop dan Verstappen menggunakan kesempatan tersebut untuk berganti ban dan sukses memimpin balapan, sementara Kyvat juga sempat melesat ke posisi kedua.

Di tengah kompetisi yang semakin sengit, para pembalap Honda --yang terdiri dari empat orang, yakni Max Verstappen, Pierre Gasly (Aston Martin Red Bull Racing), Daniil Kyvat, dan Alex Albon (Scuderia Toro Rosso)-- berpeluang untuk mencetak poin, sebelum Gasly dan Albon secara tidak sengaja mengalami kecelakaan saat mengejar posisi keenam sehingga Gasly harus mundur dari balapan. Adapun Albon berhasil finish di urutan keenam.

Kemenangan ini merupakan kemenangan kedua bagi Aston Martin Red Bull Racing di musim 2019 setelah GP Austria lalu. Sementara untuk tim Scuderia Toro Rosso akhirnya meraih podium pertamanya sejak bermitra dengan Honda.

Hasil ini juga sekaligus menjadi momen dimana dua tim dengan mesin Honda sukses meraih podium sekaligus sejak GP Portugal tahun 1992.

Seperti diketahui, di musim balap 2019, tim Aston Martin Red Bull Racing dan Scuderia Toro Rosso sama-sama menggunakan power unit mesin Honda RA619H yang disuplay langsung oleh Honda Racing F1.



Menyambut kemenangan tersebut, Technical Director Honda Racing F1 Toyoharu Tanabe mengatakan bahwa ini adalah sebuah pencapaian yang fantastis dengan kemenangan Max Verstappen dan Daniil Kyvat sehingga dua tim Honda dapat menduduki podium.

"Ajang balap kali ini benar-benar sulit karena pergantian cuaca dari basah menjadi kering, namun kemampuan berkendara yang mumpuni didukung strategi dari kedua tim telah membuahkan hasil. Kami akan merayakan hari yang bersejarah ini, dengan tetap fokus ke balapan minggu depan di Hungaria," kata dia dalam siaran pers Honda, Senin (29/7/2019).

Sementara itu, Verstappen sebagai bintang di ajang balap kali ini menyebut bahwa keberhasilan meraih kemenangan bersama Honda untuk kedua kalinya adalah pengalaman yang luar biasa.

"Saya tidak benar-benar mengetahui apa yang terjadi pada awalnya, namun kelihatannya semua orang di sisi kanan jalan memiliki cengkraman yang rendah ke jalan sehingga mengalami kesulitan. Saya juga mengawali balap ini dengan tidak begitu baik, namun saya berusaha untuk tetap tenang dan mengikuti mobil di depan saya," ujarnya.

"Terasa sulit untuk mendahului karena udara yang kotor dan bagian roda mulai mengalami kesulitan saat jalanan mulai kering. Namun akhirnya saya berhasil mengontrol jalannya balap ditengah kondisi sulit, dengan didukung tim yang memberikan informasi dan terus mengawasi jalannya balap. Saya benar-benar berterima kasih kepada seluruh tim atas kemenangan ini," lanjut Verstappen.

Kyvat pun menyambut gembira keberhasilannya tampil di podium setelah finish di urutan ketiga di bawah Verstappen dan Sebastian Vettel (Scuderia Ferrari).

"Benar-benar luar biasa dapat kembali ke podium setelah saya berpikir hal itu tidak mungkin terjadi lagi. Pencapaian ini sangat fantastis mengingat podium terakhir kami bersama Toro Rosso terjadi 11 tahun yang lalu bersama Sebastian (Vettel) di Monza. Balapan ini tidak mudah, namun saya dan tim berhasil bekerja sama dalam memenangkan kompetisi pada hari ini," ucap Kyvat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar