Laman

Selasa, 22 Januari 2019

Vendor Smartphone Korsel Alami Ekspor Terburuk

Vendor Smartphone Korsel Alami Ekspor Terburuk

INILAHCOM, Seoul - Perusahaan smartphone di seluruh dunia diaporkan mengalami penurunan penjualan pada 2018 karena pasar yang terlalu jenuh.

Angka-angka selama 12 bulan terakhir sudah mulai berdatangan, dengan laporan pertama datang langsung dari Korea Selatan, rumah dari Samsung dan LG.

Menurut Kementerian Sains dan TIK Korea Selatan serta Institut Perencanaan & Evaluasi Teknologi Informasi dan Komunikasi menyatakan ekspor ponsel pada tahun 2018 berjumlah US$14,61 miliar, turun 23 persen atau sekitar US$4,4 miliar, dibandingkan dengan 2017.

Ini adalah angka terendah sejak 2002, artinya tahun lalu adalah yang terburuk untuk vendor smartphone Korea.

Terakhir kali pasar melihat kinerja yang begitu rendah adalah ketika hanya meraup senilai US$11,36 miliar, yang jauh sebelum era ponsel dengan internet, layar sentuh, dll.

Sumber-sumber Korea Selatan mengungkapkan pengiriman perangkat memuncak pada 2008 dengan sekitar US$33,44 miliar, melampaui ekspor utama negara itu semikonduktor. Sejak itu, industri ini jatuh di bawah US$30 miliar pada 2009 dan di bawah US$20 miliar pada 2017.

Temuan tersebut beralasan atas kegagalan dari pasar China. Negara terbesar, termasuk Hong Kong, yang hanya menyumbang US$4,3 miliar penjualan, yang merupakan penurunan 37 persen. Ada juga penurunan di pasar utama lainnya, AS, di mana angkanya turun 10 persen menjadi US$5,05 miliar.

Sementara smartphone tidak berkinerja seperti yang diharapkan, ekspor semikonduktor melonjak menjadi US$128,15 miliar dari penjualan, yang hampir sembilan kali lebih banyak daripada handset.

Karena produk ini juga diperkirakan akan menurun dan prospek untuk smartphone agak suram, perusahaan didorong untuk mencari teknologi terobosan seperti 5G dan layar lipat.

Berbicara tentang produsen Korea Selatan, kita tahu Samsung akan menampilkan keluarga Galaxy S10 dan perangkat Galaxy Fold di acara 'Unpacked' di San Francisco, California, AS, pada 20 Februari mendatang.

LG, di sisi lain, mengambil tempat di MWC 2019 untuk memperkenalkan kedua unggulan G8 ThinQ dan perangkat lipat dengan layar yang dapat dilampirkan, sesuatu yang mirip dengan ZTE Axon M, demikian lansir GSM Arena.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar