Laman

Selasa, 24 Juli 2018

Piala Dunia Picu Kenaikan Transaksi e-Commerce

Piala Dunia Picu Kenaikan Transaksi e-Commerce

INILAHCOM, Jakarta - Gelaran Piala Dunia 2018 dimanfaatkan oleh ShopBack untuk mencatat terjadinya peningkatan sekitar 20 hingga 80 persen pada trafik kunjungan dan pageviews di enam e-commerce terbesar di Indonesia.

Keenam e-commerce itu adalah Lazada, Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, dan JD.ID. Jumlah kunjungan pun stabil cenderung naik hingga berakhirnya ajang Piala Dunia 2018.

Country Head Shopback Indonesia Indra Yonathan mengatakan, biasanya seusai momen Ramadan, transaksi e-commerce cenderung mengalami penurunan yang cukup signifikan. Namun, tahun ini menunjukkan hal yang sebaliknya, jumlah transaksi di platform e-commerce rata-rata mengalami peningkatan hingga 25 persen.

"Ada dua faktor yang menjadi pemicu dari peningkatan ini, yakni daya beli masyarakat semakin meningkat serta momen Piala Dunia yang dimanfaatkan pelaku e-commerce untuk merangkul lebih banyak pengguna dengan beragam promo," kata Indra dalam keterangan tertulisnya kepada INILAHCOM.

Sementara itu, nilai transaksi juga mengalami peningkatan hingga 27 persen selama satu bulan pelaksanaan Piala Dunia 2018. Hal ini terlihat dari histori transaksi yang terjadi di Shopback Indonesia dari 15 Juni hingga 15 Juli 2018.

Shopback merupakan platform gaya hidup yang mendukung masyarakat untuk belanja online secara cermat dan bijak. Saat ini, Shopback memiliki lebih dari 100 mitra e-commerce di Indonesia serta lebih dari 2 juta pengguna melakukan transaksi di Shopback.

Adapun kategori produk yang mengalami peningkatan cukup signifikan, yakni fesyen, pulsa, travel, mobile/ gawai, serta makanan.

Makanan dan pulsa merupakan dua produk yang mengalami peningkatan yang tidak biasa untuk bulan Juli 2018.

"Kenaikan ini bisa saja terjadi karena pengaruh Piala Dunia, di mana masyarakat membutuhkan pulsa atau paket data untuk melakukan streaming negara favorit mereka atau berinteraksi di sosial media untuk menyemarakan euforia Piala Dunia," ujar Indra.

Terkait produk fesyen, jersey bola cukup banyak dicari di platform e-commerce, berdasarkan data dari Alexa.com, 19,31 persen share of voice keyword 'jersey bola' di Indonesia ada di Tokopedia dan sisanya muncul di beberapa platform marketplace ternama lainnya, seperti Lazada (13,05 persen), Bukalapak (12,9 persen), JD.ID (7,53 persen), dan Blibli.com (5,43 persen).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar