Laman

Senin, 23 Juli 2018

Bocoran Fungsi Terbaru S Pen pada Galaxy Note 9

Bocoran Fungsi Terbaru S Pen pada Galaxy Note 9

INILAHCOM, San Francisco - Pena stylus S Pen yang nantinya akan disematkan pada Samsung Galaxy Note 9 kabarnya bakal membawa perubahan yang signifikan. Apa saja?

Menurut bocoran yang beredar, S Pen kali ini bakal disematkan koneksi Bluetooth dan memerlukan daya dari baterai. Adapun fungsi dari S Pen dengan Bluetooth itu terungkap dari bocoran pembaruan firmware Galaxy Tab S4.

Mengutip XDA-Developers, fungsi pertama dari S Pen baru itu adalah mengontrol musik. Pengguna bisa menekan tombol pada S Pen untuk Play, Pause, atau Skip alias melewati lagu di pemutar musik.

Fungsi keduanya adalah untuk menjepret kamera. Pengguna tak perlu lagi menyetel timer dan menunggu hingga beberapa detik untuk foto dari jarak tertentu, karena S Pen terbaru bisa menjadi shutter kamera.

Fungsi ketiga untuk membuka dan mengunci smartphone. Pengguna nantinya bisa membuka kunci Galaxy Note 9 secara remote dengan S Pen, tanpa harus menyentuh layar.

Adapun fungsi keempat, tombol S Pen bisa digunakan untuk aplikasi lain. Belum terungkap aplikasi apa saja yang bakal terintegrasi dengan S Pen. Namun, agaknya Galaxy Note 9 bakal menyatukan fungsi pena stylus anyarnya itu dengan beberapa aplikasi bawaan.

Fungsi kelimanya untuk membuka aplikasi dan fitur S Pen. Pengguna bisa memencet dan menahan tombol S Pen untuk membuka aplikasi apa saja atau fitur pada S Pen.

Sedangkan fungsi keenam adalah untuk mengatur perintah pada tombol S Pen. Pengguna bisa menyetel sendiri seperti apa perintah jika menekan tombol S Pen satu kali dan dua kali.

Berbagai bocoran ini hanya bersumbu pada bocoran pembaruan firmware Galaxy Tab S4. Asumsinya akan sama dengan Galaxy Note 9, sebab sama-sama berjalan pada sistem operasi Android 8.1 Oreo.

Benar atau tidaknya bocoran ini, baru bisa dibuktikan hingga Galaxy Note 9 benar-benar dirilis dalam sebuah acara khusus yang akan digelar di New York, AS, pada 9 Agustus mendatang.
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar