Laman

Jumat, 23 Maret 2018

Pundi X dan ABI Akselerasi Blockchain di Indonesia

Pundi X dan ABI Akselerasi Blockchain di Indonesia

INILAHCOM, Jakarta - Dengan pesatnya pertumbuhan mata uang digital yang hadir dengan memanfaatkan teknologi blockchain, maka semakin banyak bank dan pemerintah di dunia yang mulai mencari cara untuk memanfaatkan teknologi ini dan membuat transaksi lebih efisien dan transparan.

Untuk memfasilitasi percepatan adopsi teknologi blockchain di Indonesia, Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) secara resmi memulai operasinya pada 21 Maret 2018.

Didirikan oleh enam perusahaan blockchain termasuk Pundi X, ABI adalah tempat bagi para pelaku industri untuk berinovasi, maju, dan menciptakan ekosistem teknologi blockchain terkemuka di Indonesia.

ABI juga akan memegang peranan untuk membantu para pejabat pemerintah dan pemangku kepentingan untuk menyadari besarnya potensi teknologi ini dan mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Pundi X, perusahaan blockchain terkemuka di Indonesia, melihat potensi industri blockchain,dan penggunaan mata uang digital. Berkaitan dengan hal tersebut, Pundi X telah meluncurkan solusi untuk memecahkan tantangan yang dihadapi oleh sebagian besar industri blockchain dan fintech saat ini, yaitu adopsi mainstream.

Penetrasi smartphone di seluruh negeri diperkirakan akan mencapai 92 juta pengguna pada 2019, hampir dua kali lipat dari angka awal 55,4 juta pengguna pada 2015.

Hal ini merupakan indikatorpositif dari potensi bentuk transaksi alternatif bagi mereka yang kesulitan untuk mengakses perbankan tradisional. Namun, masih ada setengah dari total jumlah populasi di Indonesia yang
tidak dapat mengakses internet melalui perangkat seluler.

Berkat perkembangan teknologi NFC,mata uang digital sekarang dapat disimpan melalui metode offline, seperti kartu fisik agar dapat digunakan walau tanpa memiliki ponsel.

Sekarang, semakin banyak perusahaan berbasis blockchain, seperti Pundi X, yang menyadari bahwa blockchain akan berpotensi untuk
meningkatkan dan memecahkan tantangan transaksi digital saat ini dan bekerja sama untuk berkontribusi dalam meningkatkan inklusi keuangan di Tanah Air.

"Mata uang digital adalah salah satu hal umum dari bentuk penggunaan teknologi blockchain karena sistemnya aman dan dapat dilacak. Blockchain tidak hanya dapat menangani transaksimoneter - namun bahkan juga dapat menangani semua jenis informasi dan memberikandukungan bagi suatu kota untuk berkembang," kata Constantin Papadimitriou, President Pundi X.

"Pengaturan kebijakan yang tepat diperlukan bagi semua pemangku kepentingan untuk membantu industri terus tumbuh," imbuhnya.

Menurut Constantin, Indonesia harus bergerak cepat untuk menciptakan ekosistem di mana kita dapat berkembang dan tumbuh.

"Sangat menarik untuk dapatmenyaksikan dunia baru untuk dijelajahi, tetapi dalam menjelajahinya - kita harus meletakkan dasar yang kuat, dan itu berarti menerapkan aturan dan standar yang tepat untuk memastikan bahwa industri blockchain berjalan dan berkembang secara harmonis dengan hukum Indonesia," katanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar