Laman

Jumat, 23 Maret 2018

Huawei Kembangkan Smartphone Blockchain

Huawei Kembangkan Smartphone Blockchain

INILAHCOM, Beijing - Huawei Technologies Ltd, pembuat handset terbesar ketiga di dunia, kabarnya tengah menyiapkan smartphone yang mendukung teknologi blockchain. Seperti apa?

Raksasa teknologi asal China ini diketahui sedang mengembangkan smartphone yang mampu menjalankan aplikasi berbasis teknologi blockchain, yang rencananya bekerja sama dengan perusahaan teknologi asal Swiss, Sirin Labs.

Mengutip Bloomberg, Huawei dilaporkan sedang dalam pembicaraan untuk membeli lisensi sistem operasi Sirin Labs, yang disebut SIRIN OS, untuk menjalankan aplikasi blockchain bersamaan dengan platform Android.

Perwakilan dari Huawei dan Sirin Labs pun telah mengonfirmasi bahwa kedua perusahaan memang telah bertemu dalam kurun waktu dua bulan terakhir, meski mereka menolak berkomentar lebih lanjut.

Rencana tersebut akan menandai masuknya pembuat smartphone ke dalam sistem blockchain, yang berpotensi membawa teknologi blockchain mendekati pasar massal.

Menariknya, Sirin Labs juga diketahui tengah mengembangkan smartphone berbasis teknologi blockchain milik mereka sendiri. Bahkan, perusahaan ini sudah berencana untuk menjual smartphone bernama Finney tersebut secara massal dengan harga sekitar US$1.000 pada paruh kedua tahun ini.

Untuk saat ini, smartphone yang dibekali dengan RAM 6GB serta kamera 12MP di bagian belakang dan 13MP di sisi depan tersebut masih dalam tahap pre-order. Tercatat, sudah ada 25.000 unit yang dipesan, sebagaimana disebutkan oleh juru bicara Sirin Labs, Nimrod May.

Melalui smartphone itu, Sirin Labs berencana memiliki dompet crypto dengan sistem 'cold storage', yakni sebuah sistem yang secara otomatis mengonversi uang konvensional ke token digital yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi berbasis blockchain yang berbeda. Sistem 'cold storage' memungkinkan pengguna untuk menyimpan aset digital secara offline.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar