INILAHCOM, Bandar Lampung - Bukalapak terus memperkuat komitmen untuk memajukan semua pelaku UMKM di Indonesia dengan menghadirkan akses untuk meningkatkan produktivitas dan pemasaran mereka melalui platform digital.
Kali ini, bekerja sama dengan Direktorat Pemberdayaan Informatika dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Bukalapak menggelar roadshow edukasi bagi para pelaku UMKM agar dapat berjualan secara online.
Kerja sama ini merupakan bentuk dukungan Bukalapak kepada Pemerintah, melalui program Kominfo yakni 'UMKM Go Online' untuk seluruh wilayah Indonesia. Rangkaian roadshow dan edukasi ini digelar di beberapa kota dan kabupaten dalam periode Agustus hingga Desember 2019
Kegiatan roadshow dan edukasi yang diadakan oleh Bukalapak dan Kominfo ini mengundang lebih dari 250 peserta umum. Target dari edukasi UMKM Go Online sebanyak 20.000 UMKM. Mereka akan dibekali dengan bimbingan untuk mendigitalisasi bisnis mereka dari proses pengenalan online hingga pemasaran bisnis secara online.
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan mendapatkan kesempatan untuk bergabung bersama Bukalapak dan menjadi Pelapak serta anggota komunitas Bukalapak.
"Kami melihat tengah terjadi perubahan perilaku belanja masyarakat di Indonesia, dari konvensional menjadi secara online. Hal ini dikarenakan bisnis online yang tengah diminati oleh masyarakat luas," ujar Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak, dalam keterangan tertulisnya kepada INILAHCOM.
"Melalui kegiatan roadshow ini, kami ingin mengedukasi para pelaku UMKM, yang tersebar di seluruh Indonesia, agar dapat memanfaatkan platform online untuk lebih kreatif dalam memasarkan produk-produk mereka serta mengembangkan dan mendukung usaha mereka dengan menghubungkan mereka dengan calon pembeli," lanjut dia.
Sementara itu, Kasubdit Peningkatan Kapasitas TIK Direktorat Pemberdayaan Informatika Kementerian Kominfo Harry Hartono menyambut baik kerja sama serta dukungan Bukalapak. Menurut dia, kegiatan roadshow ini merupakan salah satu bentuk nyata dari program UMKM go online yang memiliki tujuan untuk mewujudkan visi 'Digital Energy of Asia'.
"Melalu kerja sama ini, kami berharap untuk dapat mendigitalisasikan sekitar 8 juta UMKM tersebar di seluruh Indonesia untuk memajukan, meningkatkan inovasi, daya saing serta produktifitas mereka," ujar Harry.
Dengan dukungan dari pemerintah maka kesempatan para UMKM di berbagai pelosok daerah di Indonesia untuk melek digital akan cepat terlaksana dan terus bertambah. Di tahun 2017 ini, Bukalapak telah berhasil merangkul hampir dari dua juta pelapak untuk bergabung dan meningkatkan kinerja mereka di era digital, serta memiliki komunitas yang tersebar di 70 kota di Indonesia.
Muhammad Fikri menambahkan bahwa Komunitas Bukalapak ini juga tergolong aktif dalam memberikan edukasi bagi para UMKM yang belum terakses digital maupun kepada para UMKM yang omset penjualannya masih rendah.
Program yang diberi nama Program Kelas Komunitas ini adalah sebuah program dari komunitas Bukalapak untuk komunitas, dimana pemateri adalah para korlap ataupun pelapak senior yang mempunyai badge minimal Calon Juragan.
Para pelapak Komunitas Bukalapak akan memberi materi dan membimbing selama tiga bulan kepada para komunitas lain. Program ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan omset, menambah anggota komunitas, serta mempererat anggota komunitas di masing-masing regional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar