Laman

Rabu, 26 Juli 2017

Kerja Sama Pendampingan Pengembang Game Lokal

Kerja Sama Pendampingan Pengembang Game Lokal

INILAHCOM, Jakarta - Semakin banyak pengembang game di Indonesia menunjukkan perlunya suatu wadah akselerasi yang mampu memberikan kontribusi pengembang lokal maupun dapat melindungi Hak Kekayaan Intelektual atau Intelectual Property (IP).

"Kami bermaksud membentuk suatu ekosistem positif dengan membangun kolaborasi lintas sektor ekonomi kreatif dan melibatkan berbagai pihak terkait hingga dapat mempercepat akselerasi industri kreatif Indonesia," ujar Ivan Chen, Founder sekaligus Kepala Bidang Games Cakra, saat penandatanganan MoU antara Cakra dengan True Axion Interactive di Jakarta, Rabu (26/7/2017).

"Kami berharap ini akan ada transfer knowledge saat itu juga bisa merebut kembali market share," sambung dia.

True Axion Interactive akan membawa program Akademi dan Studio mereka untuk melakukan transfer manajemen produksi dan teknologi hingga daya saing dan kompetensi nasional meningkat.

Akademi dan Studio beserta Program Add-on dan sertifikasi internasional dicanangkan untuk merangkul berbagai universitas di Indonesia yang ingin bekerjasama.

Selain program Add-on akan banyak program lainnya seperti inkubasi, akselerasi, co-development dan internship. Bahkan, tidak tertutup kemungkinan para intern dapat berpartisipasi dalam collaborative project bersama EA atau Activision.

Axion Games memiliki pengalaman 11 tahun melatih talent lokal melalui program akademi intensif hingga secara teknis menjadi pengembang game terbaik di China dan Thailand.

Dengan program ini Axion Games ingin membawa Indonesia mencapai target menghasilkan IP bertaraf global.

Langkah ini diambil Cakra untuk mencapai program unggulannya '1000 IP' yang sejalan dengan program '1000 Startup' pemerintah.

Sementara itu, dari sisi regulasi, Bekraf dan Kominfo juga mendukung upaya asosiasi ataupun komunitas khususnya menciptakan akselerasi untuk meningkatkan kemampuan, kualitas dan animo para developer game lokal agar bisa memanfaatkan potensi pasar  yang menjanjikan di Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar