INILAHCOM, Jakarta - Perkembangan dunia digital di Indonesia telah membuka jalan untuk 'emansipasi digital', dengan angka pengguna wanita tidak terlalu jauh berbeda dengan angka pengguna pria, terutama dalam penggunaan mobile browser.
Baru-baru ini, Opera Software meluncurkan hasil dari survei Mobile Browser Satisfactory Index, yang dilakukan untuk mencari tahu lebih dalam lagi mengenai perilaku browsing pengguna smartphone di Indonesia dan bagaimana mereka menggunakan internet di perangkatnya.
Survei ini dilakukan di Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Makassar, melibatkan lebih dari 420 responden dengan rentang usia dari 18 hingga 25 tahun.
Mengakses mobile browser sesering pria
Siapa bilang wanita kurang melek teknologi dibanding pria? Survei dari Opera menunjukkan bahwa hampir 60 persen responden wanita mengakses mobile browser lebih dari delapan kali sehari untuk melakukan berbagai macam aktivitas online.
Tingginya frekuensi penggunaan mobile browser ini mirip dengan hasil dari responden pria.
Lebih tertarik belanja online di mobile browser ketimbang pria
Pria dan wanita tak hanya mengakses mobile browser pada kadar yang sama, survei Opera juga menunjukkan bahwa pria dan wanita menggunakan browser untuk melakukan berbagai aktivitas yang sama, seperti mencari informasi, membaca berita, dan mengakses sosial media.
Tetapi, jika sudah menyangkut belanja online atau sekadar mencari barang di situs-situs e-commerce, wanita selangkah lebih maju. Survei menunjukkan bahwa responden wanita mempunyai tingkat persentase yang lebih tinggi (37 persen) dibandingkan dengan pria (34 persen) dalam hal belanja online.
Tidak menyukai default browser mereka
Mungkin hal ini tak mengejutkan lagi untuk Anda, tetapi sudah terbukti bahwa wanita dan pria tidak menyukai default browser mereka. Keduanya lebih memilih untuk menggunakan browser pihak ketiga ketimbang default browser yang sudah ada di smartphone mereka dari awal.
Hasil survei Opera menunjukkan bahwa hanya satu dari 10 pengguna smartphone yang menggunakan default browser-nya.
Membeli paket data dengan kuota besar seperti pria
Survei yang dilakukan Opera menunjukkan bahwa lebih dari 50 persen responden wanita mengatakan bahwa mereka membeli paket data 5GB atau lebih setiap bulan, sementara hanya 47 persen pria yang melakukan hal serupa.
Di antara mereka, 23 persen responden wanita mengatakan bahwa mereka membeli paket data dengan kuota 10GB atau lebih, sementara hanya 22 persen dari responden pria yang melakukan hal yang sama.
Menginginkan berbagai fitur browser
Menurut Anda fitur apa yang paling diinginkan oleh pengguna browser smartphone? Jawabannya, adalah penghemat data dan ad-block.
Menurut survei ini, pria dan wanita sama-sama ingin menghemat data saat browsing. Jadi, browser dengan teknologi kompresi gambar dan video yang bagus akan semakin dicari di pasar.
Demikian pula, para pengguna internet di Indonesia tidak suka diganggu dengan iklan yang menutupi layar smartphone mereka. Karenanya, ad-block adalah fitur kedua yang paling populer baik untuk pria maupun wanita.
Beberapa fitur lain yang juga digandrungi reponden wanita termasuk akses langsung ke situs e-commerce, penggunaan mode offline, dan kehadiran newsfeed.
Jumat, 16 Juni 2017
Riset Opera Buktikan Wanita Juga Melek Teknologi
Riset Opera Buktikan Wanita Juga Melek Teknologi
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar