Laman

Senin, 02 Januari 2017

Foxconn Ganti Tenaga Kerja Manusia dengan Robot

Foxconn Ganti Tenaga Kerja Manusia dengan Robot

INILAHCOM, Taipei - Foxconn, perusahaan yang memproduksi iPhone dan berbagai perangkat lain, berencana mengganti semua tenaga kerja manusia di pabrik mereka di China dengan robot otomatis.

Rencana ini akan dibagi dalam tiga tahapan, dengan 40 ribu robot yang telah ditempatkan di lini produksi dan pengurangan separuh dari tenaga kerja perusahaan sejak Apple merilis iPhone 6 pada 2014 lalu.

Kepada DigiTimes, GM Automation Technology Development Committee Foxconn Dai Jia-peng mengungkapkan jika tahapan pertama melibatkan penggunaan robot pada individual workstation, menyelesaikan tugas yang terlalu bahaya atau yang paling tidak menyenangkan bagi pekerja manusia.

Sementara pada tahapan kedua adalah pengurangan penggunaan robot sebagai pengganti individu dan menggunakan jalur produksi otomatis.

Sedangkan untuk tahapan ketiga, di mana bukan hanya lini produksi saja, melainkan juga pabrik secara keseluruhan yang akan mendapatkan otomatisasi dan meninggalkan seminim mungkin tenaga kerja manusia untuk tugas-tugas seperti logistik, testing, dan inspeksi.

Pabrik Foxconn di Chengdu, Shenzhen, dan Zhengzhou telah melangkah ke tahap dua dan tiga, dengan 10 lini produksi otomatis di lokasi berbeda.

Meski demikian, rencana ini tampaknya bakal berdampak pada kondisi ekonomi masyarakat di area sekitar pabrik yang selama ini menggantungkan pendapatan dengan menjadi pekerja atau buruh Foxconn.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar