Laman

Kamis, 01 September 2016

Sony Xperia XZ dan Xperia X Compact Resmi Meluncur

Sony Xperia XZ dan Xperia X Compact Resmi Meluncur

INILAHCOM, Berlin - Tepat seperti yang telah diperkirakan sebelumnya, gelaran IFA 2016 yang saat ini tengah berlangsung di Berlin, Jerman, dimanfaatkan Sony untuk mengumumkan kehadiran dua smartphone terbaru mereka dari lini Xperia X, yakni Xperia XZ dan Xperia X Compact.

Sony Xperia XZ --sebelumnya dirumorkan akan bernama Xperia XR-- merupakan smartphone yang masuk ke dalam kategori flagship. Sedangkan Xperia X Compact hadir sebagai smartphone kategori mid-range.

Seperti apa spesifikasi dan keunggulan yang dibawa oleh kedua smartphone Xperia X seri teranyar ini? Simak paparan berikut ini:

- Sony Xperia XZ

Sony Xperia XZ resmi diumumkan dengan membawa fitur andalan berupa desain, performa, battery life, dan kamera.

Smartphone ini memiliki desain berbeda dari produk flagship Sony generasi sebelum-sebelumnya, baik itu lini Xperia Z dan Xperia X. Sony menyebut desain baru pada Xperia XZ dengan nama 'Unified Design'.

Hadir dengan dimensi ukuran 146 x 72 x 8,1mm dan bobot 161 gram, Xperia XZ memiliki bodi terbuat dari material aluminium berjuluk Alkaleido, yang tampak lebih mengkilap.

Seperti kebanyakan perangkat kelas atas saat ini, Xperia XZ menggunakan port USB Type-C. Dan tak berbeda dengan lini flagship Xperia Z dan Xperia X lainnya, Xperia XZ juga telah memperoleh dukungan fitur tahan air dan debu dengan sertifikasi IP68.



Sony Xperia XZ menggunakan display IPS LCD 5,2 inci dengan tingkat resolusi Full-HD 1920 x 1080p berlapis Gorilla Glass 4 dan dilengkapi software Triluminos serta X-Reality untuk memaksimalkan warna dan kecerahan.

Untuk mendukung kinerjanya, smartphone ini telah dibenamkan chipset Qualcomm Snapdragon 820 quad-core dengan GPU Adreno 530 yang dikombinasikan dengan RAM 3GB, memori internal 32GB, dan dukungan slot untuk kartu microSD berkapasitas hingga 200GB.

Sebagai sumber dayanya, Xperia XZ menggunakan baterai berkapasitas 2900mAh dengan dukungan fitur fast charging Qualcomm Quick Charge 3.0. Sony mengklaim Xperia XZ mampu menawarkan battery life hingga dua hari.

Sebagaimana smartphone kelas flagship Xperia lainnya, Xperia XZ juga telah disematkan fitur kamera yang terbilang mumpuni. Kamera utamanya memiliki resolusi 23MP yang dilengkapi 6 elemen lensa dengan aperture f/2.0 serta dukungan phase-detection AF, laser AF, dan RGBC-IR color sensor, yang disebut Sony dengan teknologi Triple Image Sensing.

Meski memiliki resolusi yang sama dengan kamera belakang Xperia Z5 dan Xperia X Performance, namun Xperia XZ sudah menggunakan sensor baru, yakni Sony IMX300, yang diklaim semakin baik untuk perekaman video dalam format 4K.

Sementara itu, untuk kebutuhan video call dan selfie, Xperia XZ sudah dilengkapi kamera depan beresolusi 13MP dengan sensor 1/3" Exmor RS dan lensa wide-angle 22mm/90-derajat serta aperture f/2.0 yang mampu dipakai hingga ISO 6400 untuk pengambilan gambar minim cahaya atau low-light.

Berjalan pada Android 6.0.1 Marshmallow, Xperia XZ juga telah memiliki dukungan sensor sidik jari, konektivitas 4G LTE, Wi-Fi, Bluetooth 4.2, GPS, NFC, dan USB Type-C.

Sony Xperia XZ dijadwalkan akan tersedia di pasaran Eropa pada 17 Oktober mendatang dalam pilihan warna Forest Blue, Mineral Black, dan Platinum.

Sony belum mengumumkan harga dari Xperia XZ. Namun, dengan segudang fitur keren di dalamnya, smartphone yang di posisikan satu level di bawah Xperia X Performance ini kemungkinan akan dijual di Eropa dengan harga 700 euro atau sekitar Rp10,4 juta.



- Sony Xperia X Compact

Sony Xperia X Compact hadir dengan desain baru seperti flagship Xperia XZ namun dengan bodi terbuat dari material plastik. Handset ini mengusung spesifikasi mid-range tapi dengan fitur kamera utama yang bertenaga seperti Xperia XZ.

Spesifikasi yang diusung Xperia X Compact meliputi display IPS LCD 4,6 inci dengan tingkat resolusi HD 1280 x 720p berlapis Gorilla Glass 4 dan didukung software Triluminos dan X-Reality untuk memaksimalkan warna dan kecerahan.

Sebagai penunjang performanya terdapat chipset Qualcomm Snapdragon 650 dengan fitur prosesor dual-core Cortex-A72 + quad-core Cortex-A53 yang dikombinasikan dengan GPU Adreno 510, RAM 3GB, memori internal 32GB dan didukung slot untuk kartu microSD berkapasitas hingga 200GB.



Meski merupakan smartphone kategori mid-range, namun Xperia X Compact telah dibekali kamera yang setara dengan flagship Xperia XZ.

Kamera utamanya memiliki resolusi 23MP yang dilengkapi 6 elemen lensa dengan aperture f/2.0 serta dukungan teknologi Triple Image Sensing (phase-detection AF, laser AF, dan RGBC-IR color sensor). Kamera ini pun telah dibenamkan sensor baru Sony IMX300.

Sedangkan untuk kamera depannya mempunyai resolusi 13MP dengan sensor 1/3" Exmor RS dan lensa wide-angle 22mm/90-derajat serta aperture f/2.0 yang mampu dipakai hingga ISO 6400 untuk pengambilan gambar minim cahaya atau low-light.

Sony Xperia X Compact berjalan pada sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow. Sebagai sumber dayanya, smartphone ini mengandalkan baterai berkapasitas 2700mAh yang telah dilengkapi teknologi fast charging Qualcomm Quick Charge 3.0.

Untuk kelengkapan lainnya, Xperia X Compact sudah disematkan dukungan sensor sidik jari, konektivitas 4G LTE, Wi-Fi, Bluetooth 4.2, GPS, NFC, dan USB Type-C.

Tampil dengan dimensi ukuran 129 x 65 x 9,5mm dan bobot 135 gram, Xperia X Compact akan tersedia di pasar Eropa pada 24 September 2016 dalam pilihan warna Universe Black, Mist Blue, dan White.

Sony juga belum mengumumkan banderol harga dari smartphone kelas mid-range teranyarnya ini, namun diperkirakan Xperia X Compact bakal ditawarkan di Eropa dengan banderol harga 450 euro atau sekitar Rp6,7 juta.

[ikh]



Tidak ada komentar:

Posting Komentar