Laman

Kamis, 26 Desember 2019

Tren Teknologi Smartphone di 2020, Apa Saja?

Tren Teknologi Smartphone di 2020, Apa Saja?

TAHUN 2019 segera berganti, otomatis trend dan teknologi juga akan berganti. Gadget atau gawai yang akan keluar pada tahun depan sudah pasti akan lebih canggih dan mempunyai fitur baru.

Pada september tahun 2019 lalu, dunia dikagetkan dengan desain unik yang dikeluarkan oleh iPhone 11. Tiga kamera belakang yang sangat iconic nan unik ini menjadikan banyak sekali yang membicarakan smartphone ini. Baik pro kontra tentang harga yang mahal maupun desain dan fitur yang diberikan.

Namun dari sisi fitur, Iphone memang lumayan tertinggal dari smartphone berbasis android lainnya, seperti 3 kamera depan yang menyediakan ultra wide dimana Samsung sudah menggunakan fitur ini pada April 2019. Iphone berperan untuk menyempurnakan fitur yang sudah ada saat itu dengan sajian yang lebih eksklusif dan hasil yang jauh lebih baik.

Kira-kira fitur apa lagi  ya yang akan muncul di tahun 2020 nanti? Banyak yang bilang kalau penyempurnaan software agar teknologi 5G semakin sempurna, peningkatan AI serta smartphone lipat akan menjadi tren pada tahun 2020 nanti. Berikut penjelasannya lebih lanjut.

1. Komersialisasi 5G kian dekat

Komersialisasi jaringan koneksi internet generasi kelima (5G) semakin mendekati kenyataan. Sebagian negara yang telah mencobanya, kini merencanakan peluncuran layanannya secara resmi.

Baru-baru ini Qualcomm mengeluarkan produk baru, yaitu Snapdragon 865. Munculnya perangkat ini harusnya memberikan banyak ide untuk para produsen smartphone untuk menyuguhkan sesuatu yang baru pada tahun 2020 nanti.

Pastinya teknologi 5G yang sudah siap dijalankan oleh chip ini akan datang pada 2020 nanti. Para produsen smartphone seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, LG, Sony, OnePlus  dan Motorola juga sudah berencana memasangkan chip ini dan bersiap untuk teknologi 5G dengan kecepatan hing 7.5Gbps.

Perusahaan telekomunikasi Indonesia pun sudah tengah mempersiapkan meski baru bersifat uji coba namun dengan seiring perkembangan yang sudah dilakukan oleh penggunaan di smartphone dari sisi pengujian video call dan pengujian gaming diklaim telah sukses dilakukan.

2. Teknologi kesehatan mental

Kekhawatiran teknologi dan kesehatan mental telah mendorong tren baru dalam pengembangan aplikasi dan telepon saat ini. Instagram sekarang bereksperimen dengan menghilangkan fitur Like, mencoba membuat media sosial menjadi lingkungan yang kurang beracun.

Android menjadikan mode screen-off sebagai fitur wajib dalam pembaruan perangkat lunak terbarunya untuk membantu pengguna mengontrol penggunaannya. Perusahaan menjadi sedikit lebih sadar kesehatan, dan tren tersebut terlihat bisa mempengaruhi lebih banyak aplikasi dan perangkat tahun depan.

3. AR dan AI makin masif

AR dan AI merupakan teknologi yang kita gunakan ketika memakai filter kamera yang ada pada Instagram maupun Snapchat. AR adalah teknologi yang menangkap realita di depan smartphone dan AI berperan sebagai otak yang menerjemahkannya.

Diprediksikan pada tahun 2020 mendatang, fungsi AR akan lebih dimaksimalkan lagi. Mulai dari bagaimana kamera menangkap objek yang lebih detail ketika memotret, slow motion video yang lebih lambat dan tajam, voice assistant yang lebih berfungsi lebih baik lagi hingga radar gesture besutan Google Pixel 4 yang bisa membaca memerintahkan smartphone dengan gerakan tangan dan mata tanpa menyentuh layar.

4. Layar ganda atau lipat

Samsung dan Motorola menghasilkan banyak reaksi positif dan negatif  dengan layar lipat mereka. Namun banyak produsen tetap ingin mengikuti jejak mereka mengembangkan layar lipat.

Apalagi Motorola dengan Razr-nya yang menampilkan tampilan handphone tahun 2000an dengan gaya zaman sekarang. Banyak pengguna Razr lama ingin membelinya di tahun 2020.

Tren ini sudah mulai diikuti oleh Microsoft, Oneplus & Google dengan mengeluarkan ponsel pintar layar ganda dan bisa dilipat. Apakah langkah ini akan booming pada tahun 2020?

5. Harga Ponsel kelas Flagship Makin Murah

Dalam banyak hal, produk seperti Xiaomi dan Realme adalah tren tersendiri, mengawinkan spesifikasi unggulan dengan harga kelas menengah namun dilengkapi teknologi sekelas  para pemain besar.

Dan tampaknya di tahun depan smartphone bertemakan flagships ramah-anggaran bakal banyak hadir yang dijadwalkan untuk pembaruan pada tahun 2020.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar