Laman

Kamis, 10 Oktober 2019

Gaet Dana-Gopay, Samsung Pay Meluncur di Indonesia

Gaet Dana-Gopay, Samsung Pay Meluncur di Indonesia

INILAHCOM, Jakarta - Layanan pembayaran digital Samsung Pay baru saja meresmikan kerja sama dengan DANA dan GoPay. Samsung Pay merupakan aplikasi yang memberikan akses cepat ke berbagai uang elektronik, seperti DANA dan GoPay.

"Samsung Pay menggabungkan beberapa pembayaran elektronik dalam satu aplikasi agar konsumen semakin mudah saat melakukan transaksi keseharian mereka hanya dengan mengusap layar smartphone ke atas lalu membayar,” jelas Bernard Ang, IT & Mobile Business Vice President, Samsung Electronics Indonesia, dalam keterangan tertulis yang diterima INILAHCOM.

Bernard melanjutkan, uang elektronik sudah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat Indonesia, terutama bagi generasi milenial dan gen Z. "Bahkan mungkin bagi digital native seperti gen Z uang elektronik sudah menjadi way of life," imbuhnya.

Sementara kata Denny Galant, Head of IT & Mobile Product Marketing, Samsung Electronics Indonesia transaksi melalui aplikasi uang elektronik yang ada saat ini tidak praktis dan membutuhkan langkah-langkah yang banyak. Ia mencontohkan ada lima langkah yang harus ditempuh oleh pengguna.

Pertama, pengguna harus membuka smartphone mereka terlebih dahulu dengan memasukkan kode keamanan baik berupa pola, kata sandi, dan sebagainya. Kedua, pengguna harus mencari aplikasi uang elektronik di menu smartphone.

"Kadang kita lupa taruh di mana itu aplikasinya setelah kita grouping. Ketiga, udah ketemu aplikasinya, kita masih harus mencari lagi menu pembayarannya. Setelah itu kita ke kasir, masukkan nominal pembayaran, baru selesai," ujar Denny.

Sementara itu, Samsung Pay memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi digital hanya dengan dua langkah walaupun smartphone sedang dalam mode terkunci, yakni tinggal swipe up dan pay.

"Saat di-swipe up, otomatis akan keluar aplikasi Samsung Pay. Pengguna tinggal memilik uang elektronik mana yang ingin digunakan. Lalu bayar dan transaksi selesai," ungkap Denny.

Selain swipe up, pengguna juga bisa mengakses Samsung Pay melalui fitur kamera.

Saat ini, pengguna baru bisa melakukan transaksi melalui Samsung Pay dengan metode pembayaran DANA. Selanjutnya pada 2020 mendatang, metode pembayaran GoPay juga akan tersedia di Samsung Pay.

Aplikasi Samsung Pay sudah bisa dinikmati langsung oleh para pengguna smartphone Samsung keluaran tahun 2019. Namun, pengguna smartphone Samsung lainnya tak perlu berkecil hati.

"Device-device yang diluncurkan sebelum tahun 2019 tetap bisa menggunakan Samsung Pay asalkan sudah upgrade ke Android Pie. Pengguna bisa langsung mengunduh Samsung Pay di Play Store," kata Denny.
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar