Laman

Kamis, 30 Mei 2019

Pengguna Masih Belum Puas Akses Internet Indonesia

Pengguna Masih Belum Puas Akses Internet Indonesia

INILAHCOM, Jakarta - Ericsson baru baru ini merilis laporan ConsumerLab terbaru mengenai jaringan internet di Indonesia saat ini, dari 44 persen pengguna smatphone di Indonesia mengungkapkan kecepatan mobile broadband belum cukup kencang.

Selain itu dari papara ini dikatakan teknologi 5G yang ternyata diharapkan segera hadir oleh masyarakat pengguna telepon pintar, termasuk di Indonesia.

"Pelanggan di Indonesia berharap 5G tersedia dalam kurun 2-3 tahun dari sekarang," kata tradisi mudik tentu tidak bisa dilepaskan dari hari Lebaran. Perjalanan mudik bersama anak, terutama berusia bayi atau balita, dapat menjadi pengalaman tersendiri. Apalagi jika perjalanan tersebut merupakan perjalanan panjang pertama bagi si kecil.

Masalah yang sering muncul saat mengajak anak melakukan perjalanan luar kota yang memakan waktu berjam-jam adalah mabuk darat, laut, maupun udara.

Jika Anda akan mudik Lebaran bersama anak, hendaknya diperhatikan beberapa hal supaya tetap aman dan nyaman dalam perjalanan.

Sepuluh tips berikut ini akan membantu Anda untuk melakukan perjalanan mudik bersama si kecil tanpa rasa khawatir:

1. Hindari mudik dengan sepeda motor

Sebaiknya tidak membawa anak mudik dengan sepeda motor, apalagi untuk perjalanan jauh karena sangat melelahkan untuk anak.

2. Awasi terus si kecil

Apabila anak ikut mudik dengan menggunakan angkutan umum, upayakan agar anak tidak ikut berdesak-desakan.

Para orang tua harap meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan terhadap anak-anak.

3. Siapkan mainan

Siapkan mainan yang disukai anak untuk menemaninya sepanjang perjalanan.

4. Siapkan obat-obatan dan vitamin

Siapkan obat-obatan dan vitamin yang dibutuhkan untuk anak sepanjang perjalanan.

5. Periksa kondisi kendaraan

Jika menggunakan kendaraan pribadi, pastikan mobil dalam kondisi baik. Periksa kondisi mobil seperti mesin, oli mesin, serta ban cadangan. Cek juga perlengkapan dalam mobil

6. Bercerita di perjalanan

Sebagai edukasi, jelaskan pada anak ciri khas mengenai kota-kota yang dilalui. Selain bisa menambah pengetahuan anak, cara ini juga bisa membuang rasa jenuh anak.

7. Sering beristirahat

Sering-seringlah beristirahat di tempat-tempat yang telah disediakan. Jangan paksakan mengemudi ketika kondisi badan sudah lelah dan jangan kebut-kebutan.

8. Siapkan kebutuhan penting

Jangan lupa membawa perlengkapan dan kebutuhan dasar bagi mereka seperti popok, bedak, bantal, makanan bayi/ anak, dan lain-lain.

9. Siapkan kondisi fisik

Orang tua perlu menyiapkan fisik yang prima dan mental yang baik sebelum mudik.

10. Siapkan bekal

Siapkan perbekalan dan uang yang cukup selama melakukan perjalanan.
Head of Network Solutions Ericsson Indonesia, Ronni Nurmal dalam siaran persnya..,

Menurut dia, konsumen di Indonesia masih menunggu kehadiran teknologi 5G karena perangkat ponsel yang dimiliki belum mencukupi untuk pengoperasian teknologi jaringan internet terbaru itu.

Baik dari segi pilihan yang disediakan, kata dia, maupun dari kapabilitas ponsel pintar yang ada sekarang ini belum mampu mengadopsi jaringan 5G.

Di Indonesia, kata Ronni, laporan tersebut menunjukkan bahwa separuh dari pengguna ponsel pintar akan mengganti operator yang mereka gunakan dalam waktu enam bulan jika tidak menyediakan layanan 5G.

"Dengan meningkatnya kesadaran konsumen mengenai 5G, rata-rata responden percaya bahwa 5G akan diterapkan dalam dua tahun mendatang," katanya.

Temuan penting lainnya, konsumsi video akan semakin meningkat seiring perkembangan 5G sehingga pelanggan tidak hanya mampu mengakses video dalam resolusi yang lebih tinggi, melainkan merasakan pengalaman baru.

Pada era 5G, lanjut dia, pengguna berkesempatan mengakses konten video di luar rumah empat jam lebih lama dalam seminggu, serta bisa menggunakan kacamata Augmented reality (AR) dan Virtual reality (VR).

"Mereka bukan cuma pengen nonton video lewat ponsel lagi, tetapi pengen merasakan pengalaman mendalam, seperti diorama
Cuma nonton biasa, udah tidak happening lagi," katanya.

Bahkan, imbuh Ronni, pengguna ponsel pintar berharap teknologi yang terus berkembang, seperti layar yang dapat dilipat, proyeksi holografik, dan kamera 360 derajat sebagai fitur wajib perangkat 5G nantinya.

Laporan Ericsson ConsumerLab 2019 itu mendasarkan metodologi sebagai berikut, yakni wawancara pada 35.000 pelanggan yang tersebar di 22 negara, mewakili opini 1 juta pengguna ponsel pintar.

Riset kualitatif dan dua fokus grup yang masing-masing dilakukan di New York, London, dan Seoul. Kemudian, wawancara yang dilakukan kepada 1.500 pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia, mewakili oponi 41 juta pengguna ponsel pintar.

Terakhir, wawancara dengan 22 ahli, pakar, dan eksekutif senior untuk mendapatkan persepektif mengenai industri yang berkaitan dengan kegunaan 5G bagi konsumen.

"Bagi operator, ini menjadi keuntungan bagi pemain bisnis dan juga potensi bisnis berupa penambahan pendapatan sebesar 30 persen dari pasar 5G pada 2026," kata Jerry Soper, Head of Ericsson Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar