Laman

Kamis, 28 Maret 2019

Tokopedia Gaet UI Dirikan Pusat Riset AI

Tokopedia Gaet UI Dirikan Pusat Riset AI

INILAHCOM, Jakarta - Tokopedia bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) meluncurkan AI Center of Excellence yang merupakan pusat pengembangan kecerdasan buatan atau Artificial Inteligence (AI) pertama di Indonesia.

AI Center of Excellence difasilitasi dengan teknologi super-komputer deep learning dari NVIDIA.

Pusat pengembangan kecerdasan buatan ini mengambil lokasi di Gedung Baru Fakultas Ilmu Komunikasi UI lantai 5.

Pembukaan AI Center of Excellence dilakukan oleh CEO Tokopedia William Tanuwijaya, selaku Rektor UI Muhammad Anis, Dekan Fasilkom UI Mirna Adriani, Director SEA Region NVIDIA Ettikan Karuppiah, dan disaksikan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir.

Fasilitas anyar ini ditujukan untuk mendorong para pelaku akademi dan peneliti dalam memanfaatkan teknologi, khususnya AI, agar dapat menghasilkan solusi bagi masalah yang terjadi di tengah masyarakat dan industri.

"AI Center of Excellence dapat menjadi tempat bagi mahasiswa dan peneliti di Fasilkom UI dalam mengembangkan inovasi bidang AI seperti pembayaran digital, sistem analitika e-commerce, logistik, urban mobility, kesehatan, teknologi maritim, keamanan, maupun layanan publik," kata Mirna Adriani.

Pemanfaatan teknologi AI di Tokopedia saat ini telah banyak dikembangkan terutama dalam hal membantu operasional perusahaan seperti membantu mengenali karakteristik pengguna yang sering berkunjung ke situs maupun aplikasi Tokopedia.

Di samping itu, AI juga membantu perusahaan melakukan demand prediction, smart warehouse, dan smart logistic.

"Tokopedia terus mengembangkan teknologi AI untuk mendorong pemerataan ekonomi secara digital. Sebagai contoh, kami menggunakan tekbologi untuk membangun warehouse, untuk melayani customer dari Sabang sampai Merauke, agar pengiriman lebih cepat," ujar William Tanuwijaya.

AI juga sangat membantu meningkatkan pengguna Tokopedia dengan memberikan rekomendasi terkait produk yang dibutuhkan, salah satunya melalui teknologi pencarian gambar. Sehingga pengguna Tokopedia tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mencari barang sesuai dengan kebutuhan.

Fasilitas AI Center of Excellence ini didukung oleh NVIDIA DGX-1, yang dilengkapi dengan GPU NVIDIA Tesla V100 berbasis Tensor Core untuk mempercepat kinerja AI.

AI computing dibangun menggunakan NVDIA GPU Cloud Deep Learning Stack dan merupakan versi teroptimal dari framework yang paling populer saat ini, yang mampu melakukan pelatihan data 4 kali lebih cepat daripada sistem berbasis GPU lainnya.

"Bekerja sama dengan Universitas Indonesia, Tokopedia membangun wadah bersama untuk menyelesaikan masalah-masalah kompleks ekonomi, sosial, dan bisnis untuk dipecahkan bersama. Setidaknya sampai 100 tahun kita bisa diakui karena inovasi yang kita lahirkan bersama," kata William.

Peresmian fasilitas teknologi ini disambut baik oleh Menristek Dikti Mohamad Nasir yang berharap agar pusat riset AI ini muncul di kota-kota lainnya di Indonesia untuk mendorong pemanfaatan teknologi lebih merata.

"Pembangunan AI Center seperti ini bisa dilakukan secara masif, misalkan dibuat cluster-clusternya. Ini tempat kedua saya resmikan setelah di Institut Teknologi Bandung. Mungkin nanti bisa di perguruan tinggi di kota-kota besar lainnya," ucap Menristek.

Sebelum Tokopedia, Bukalapak dan ITB lebih dulu mendirikan pusat inovasi Artificial Intelligence dan Cloud Compunting Innovation Center untuk riset dan pengembangan oleh mahasiswa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar