Laman

Kamis, 14 Februari 2019

Tencent Investasi Rp2,1 Triliun di Reddit

Tencent Investasi Rp2,1 Triliun di Reddit

INILAHCOM, San Francisco - Perusahaan konglomerat multinasional asal China, Tencent Holdings Limited, dilaporkan telah berinvestasi sebesar US$150 juta atau sekitar Rp2,1 triliun di situs forum online Reddit.

Rumor pendanaan Reddit oleh Tencent sudah terendus sejak pekan lalu, tapi baru belakangan terkonfirmasi.

Mengutip The Verge, Tencent bergabung dalam seri pendanaan terbaru Reddit, bersama dengan beberapa investor lama seperti Snoop Dogg dan Sequoia.

Total dana segar yang diterima Reddit senilai US$300 juta atau sekitar Rp4,2 triliun. Valuasi Reddit pun dilaporkan menanjak ke angka US$3 miliar atau sekitar Rp42,3 triliun.

Meski demikian, tampaknya banyak pengguna yang tak senang dengan masuknya investasi Tencent ke Reddit. Banyak pengguna Reddit merespons pendanaan ini melalui meme bernada satir. Mereka khawatir Tencent mengubah kebijakan Reddit, di mana penyensoran bakal membatasi cara berekspresi dan berbagi informasi.

Seperti diketahui, Tencent adalah perusahaan asal China, dan di negara itu Reddit mengalami pencekalan.

Mayoritas meme menggunakan gambar tokoh kartun Winnie the Pooh yang dilarang di China karena dianggap menghina Presiden Xi Jinping. Pasalnya, banyak yang menilai sang beruang madu mirip dengan orang nomor satu di Negeri Tirai Bambu itu.

Selain Winnie the Pooh, banyak pula yang mengunggah kembali gambar ikonik 'Tank Man' ketika terjadi pembantaian di Lapangan Tiananmen. Konten ini juga dilarang di China, sebagai bagian untuk menjaga warganet agar tak melawan pemerintah.

"Saya pikir menyenangkan membagikan foto 'Tank Man' sebelum Tuan Mulia yang baru (Xi Jinping) memutuskan kita tidak boleh membagikan konten ini lagi," kata salah saeorang pengguna Reddit.

Meski kekhawatiran ini wajar, namun perlu dicatat bahwa sudah banyak perusahaan Barat yang ditanami modal dari China dan tak serta-merta terlilit masalah sensor. Sebut saja Spotify, Epic Games, dan Snap, yang semuanya didanai Tencent dan pengalaman pengguna tetap bebas sensor.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar