Laman

Jumat, 01 Februari 2019

Bluetooth 5.1 Punya Kemampuan Melacak Lebih Akurat

Bluetooth 5.1 Punya Kemampuan Melacak Lebih Akurat

INILAHCOM, Washington - Organisasi pengembang teknologi nirkabel, Bluetooth Special Interest Group (SIG), mengumumkan fitur anyar untuk standar Bluetooth 5.1 terbaru yang bisa meningkatkan akurasi pendeteksian perangkat.

Menurut SIG, Bluetooth 5.1 memilikikemampuan melacak lokasi perangkat lain dengan akurasi yang hanya terpatut jarak beberapa sentimeter dari lokasi aslinya, jauh lebih presisi dibandingkan teknologi Bluetooth generasi sebelumnya yang melacak dalam hitungan meter.

Hal ini dimungkinkan oleh fitur direction finding baru yang menggabungkan aspek proximity dan positioning di teknologi Bluetooth.

Proximity digunakan untuk mengenali perangkat Blueooth lain dalam jangkauan, sementara positioning menerapkan pelacakan lokasi perangkat secara real-time.

Dengan demikian, teknologi Bluetooth 5.1 pun bisa digunakan untuk meningkatkan akurasi pelacakan posisi secara indoor, termasuk dalam hal navigasi. Smartphone bisa mendeteksi lokasi pengguna dengan lebih akurat dan memandu berkeliling secara lebih presisi.

Mengutip The Verge, penerapan direction finding presisi tinggi ala Bluetooth 5.1 ini tak terbatas pada produk konsumen macam Bluetooth tracker atau smartphone saja, namun dapat juga diimplementasikan untuk keperluan industri dan bisnis.

Misalnya, sebuah perusahaan bisa memanfaatkan direction finding untuk pelacakan barang spesifik di gudang yang dipenuhi oleh tumpukan rak.

SIG mengatakan, layanan berbasis lokasi adalah salah satu area pemanfaatan teknologi Bluetooth yang mengalami pertumbuhan pesat.

Jumlah perangkat berteknologi location service Bluetooth ini diperkirakan bakal mencapai kisaran 400 juta unit pada 2022 mendatang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar