Laman

Kamis, 03 Januari 2019

Samsung Siap Pamer Layar yang Bisa Jadi Speaker

Samsung Siap Pamer Layar yang Bisa Jadi Speaker

INILAHCOM, San Francisco - Raksasa teknologi Korea Selatan, Samsung, dilaporkan tengah mengembangkan panel OLED yang bisa menghasilkan output suara. Fungsinya bakal menggantikan speaker. Hal tersebut dikatakan demi terciptanya layar ponsel yang benar-benar tanpa bezel.

Panel yang bertajuk Sound on Display (SoD) ini kabarnya bakal dipamerkan oleh Samsung di ajang CES 2019 yang akan digelar di Las Vegas, AS, pekan depan.

Sebelumnya, Samsung memang sudah memperkenalkan teknologi ini Oktober silam, namun belum dipamerkan secara komersil.

Mengutip Slashgear, panel SoD yang sempat dikenalkan beberapa bulan lalu itu dimanufaktur oleh Samsung Display, divisi Samsung yang terfokus untuk membuat layar.

Dengan kata lain, mungkin saja mekanisme suara dari layar ini bisa diadaptasi di vendor smartphone lain, yang menggunakan panel OLED Samsung, tak terkecuali perangkat TV juga bakal ikutan mengusung teknologi SoD.

Terkait mekanisme suara, cara kerja SoD ini bisa dibilang cukup sederhana. Komponen SoD yang ditanamkan tepat di bawah layar nantinya akan menghantarkan suara lewat sebuah getaran. Tak hanya lewat panel saja, getaran ini juga akan dialirkan melalui rangka smartphone, sehingga menimbulkan suara.

Sejatinya, teknologi suara yang tertanam di panel ini juga bukan tergolong baru, dan Samsung bukan merupakan vendor pertama yang mengadopsinya.

Lewat Mi Mix, Xiaomi mengawali tren suara dari layar ini dengan menyematkan speaker tipe piezoelectric, dengan mekanisme kerja yang identik dengan SoD untuk menghantarkan suara ke telinga.

Mengikuti Xiaomi, pabrikan asal China lainnya, Vivo, juga turut menggunakan teknologi mirip SoD itu dengan merilis smartphone Nex S.

Sejauh ini, belum diketahui smartphone Samsung model apa yang akan disokong teknologi SoD tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar