Laman

Selasa, 01 Januari 2019

Microsoft Ajukan Paten Sistem USB Type-C Magnetik

Microsoft Ajukan Paten Sistem USB Type-C Magnetik

INILAHCOM, Redmond - Microsoft mendaftarkan dokumen paten untuk sistem USB Type-C yang menggunakan steker dan penerima magnetik, untuk mempermudah proses pengisian daya dan transfer data pada perangkat tablet Surface di masa mendatang.

Saat ini, tablet Surface Pro 6 menggunakan teknologi khusus bertajuk Surface Connect, namun tablet Surface Go menggunakan port USB Type-C. Pendaftaran paten ini diperkirakan sebagai indikator bahwa lini Surface Pro juga akan menggunakan port USB Type-C.

Dokumen paten ini didaftarkan kepada World Intellectual Property Organization (WIPO) pada 23 Maret 2018. Dokumen ini mengusung judul 'Magnetically Activated Latch Mechanism' dengan nomor kode US20180375271.

Sementara itu, dokumen paten ini juga menampilkan gambar kabel USB Type-C dengan dukungan magnet di masing-masing sisi steker, satu di sisi komputer dan lainnya di sisi penerima.

Hal tersebut memungkinkan kabel untuk terhubung ke port bahkan saat berada di jarak yang cukup jauh tanpa perlu usaha lebih.



Dokumen paten ini juga menjelaskan bahwa sistem magnetik tersebut juga memungkinkan sketer dan port terlepas saat berada di jarak yang terlalu jauh, tanpa perlu usaha lebih dan tidak akan merusak sistem.

Steker USB Type-C non-magnetik reguler terhubung ke port memanfaatkan slot di bagian dalam port untuk mengunci posisi. Namun, jika menggunakan kabel USB Type-C magnetik, magnet akan menonaktifkan fungsi slot, memungkinkan steker USB Type-C untuk terhubung dengan port hanya dengan tenaga magnet.

Melalui kabel bertenaga magnet ini, pengguna tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk menghubungkan steker ke port, dan kabel akan dengan mudah dilepaskan hanya dengan menariknya menjauh dari tablet.

Berbeda dengan kabel reguler yang berpeluang mengalami kerusakan saat melepaskan kabel dengan menariknya dari tablet, yang tidak akan dialami oleh kabel bersistem magnetik.

Meski demikian, dokumen paten ini tidak menjamin bahwa Microsoft akan mengaplikasikan teknologi tersebut pada tablet Surface Pro generasi berikut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar