Laman

Senin, 28 Januari 2019

Jet Commerce Dorong Digitalisasi Wirausaha Lokal

Jet Commerce Dorong Digitalisasi Wirausaha Lokal

INILAHCO, Jakarta - Layanan Jet Commerce kini hadir di Surabaya, Jawa Timur. Melalui sebuah acara lokakarya, Jet Commerce yang juga partner Alibaba.com itu ingin para pelaku usaha dalam negeri mengembangkan pangsa pasar ekspor melalui platform digital.

Lokakarya atau seminar tersebut berjuluk 'Your Success in International Market Through Digital Way'. Acara itu juga sebelumnya pernah diselenggarakan di Semarang, Jawa Tengah.

Head of Busines Consultant Jet Commerce Richard Wilianto mengatakan, Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia dan pelabuhan Tanjung Perak yang ada di sana merupakan pintu gerbang perdagangan untuk ekspor-impor maupun untuk lokal.

"Kami melihat kota ini memiliki potensi ekspor yang sangat menjanjikan dan hal ini harus diimbangi dengan adanya akses ke kumpulan pembeli potensial dari seluruh dunia lewat platform digital," katanya dalam keterangan tertulisnya kepada INILAHCOM.

Dalam kesempatan tersebut, turut tampil sebagai pembicara adalah Chief Marketing Officer CV Sinar Gemini, Jonathan Wandy.

Sebagai pemasok batu alam yang telah berhasil memperluas pasar ekspor lewat Alibaba.com, Jonathan mengungkap sekitar 60 persen pihaknya mengekspor material tersebut dan 40 persen untuk pasar dalam negeri.

Adapun negara yang menjadi tujuan ekspor antara lain Australia, Singapura, Malaysia, China, India, AS, dan masih banyak lagi.

"Bahkan dapat saya katakan hampir 90 persen material kami dipasok ke luar negeri lantaran pembeli kami yang di dalam negeri juga melakukan ekspor," kata Jonathan.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa banyak aspek yang harus diperhatikan dalam membangun trust atau kepercayaan calon pembeli.

"Beberapa di antaranya adalah tampilan minisite, foto, dan deskripsi produk, serta customer service," imbuhnya.

Sekadar informasi, Jet Commerce menyediakan program keanggotaan Global Gold Supplier (GGS) di Alibaba.com yang terdiri dari paket basic, standard, dan premium yang dapat disesuaikan dengan ukuran, industri, produk, dan kategori usaha.

Anggota GGS akan mendapatkan pelayanan eksklusif yaitu bantuan konsultasi bisnis dari ahli, akses pada permintaan pembeli, dan tampil sebagai prioritas urutan lebih tinggi dibandingkan sebagai anggota gratis (IFM) di laman pertama Alibaba.com saat pembeli memasukkan kata kunci.

Menurut Jet Commerce, perdagangan internasional diwujudkan atas dasar saling percaya dan saling menguntungkan. Pada umumnya pembeli akan mencari tahu siapa pemasok terbaik, membuat daftar, mengevaluasi minisite pemasok, memeriksa masukan sebelum melakukan pembelian, membandingkan harga, pengiriman, dan lain sebagainya.

Berlandaskan hal itu, Jet Commerce mengklaim diselenggarakannya sesi lokakarya itu dapat membantu para pelaku usaha yang sudah menjadi anggota Alibaba.com untuk secara komprehensif membantu mereka memaksimalkan fitur-fitur yang tersedia di Alibaba.com.

Tak hanya itu saja, dalam lokakarya tersebut turut dibahas bagaimana mereka dapat meningkatkan eksposur produk, menemukan pembeli potensial, serta prosedur shipping.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar