Laman

Selasa, 01 Januari 2019

Hadiah eSports Kalahkan Kompetisi NBA dan FIFA

Hadiah eSports Kalahkan Kompetisi NBA dan FIFA

INILAHCOM, Jakarta - Kini eSports tak lagi bisa dipandang sebelah mata. Pertumbuhannya yang pesat, menarik para perusahaan besar untuk menjadi sponsor, membuat setiap kompetisi eSports yang digelar memiliki hadiah besar.

Bahkan di beberapa kompetisi eSports, hadiahnya lebih besar dari kompetisi olahraga populer seperti basket dan sepakbola.

Berdasarkan paparan Nimo TV, kompetisi eSports terpopuler The International di tahun 2018 lalu mampu menawarkan hadiah total senilai US$25 juta atau sekitar Rp362 miliar.

Angka ini terbilang fantastis, pasalnya kompetis NBA Championship 'hanya' menawarkan hadiah sebesar US$13 juta atau sekitar Rp188 miliar dan FIFA Confederation Cup di angka US$20 juta atau sekitar Rp290 miliar. Hal ini tidak terlepas dari pertumbuhan eSports yang diprediksi semakin besar ke depannya.

Masuknya kompetisi eSports sebagai cabang kompetisi di pertandingan olahraga internasional juga memperkuat pertumbuhannya. Mulai dari sekadar turnamen eksibisi di Asian Games 2018 dan dipastikan menjadi salah satu cabang di SEA Games 2019 serta Asian Games 2022.

Mengambil data riset dari Statista, pendapatan di sektor eSports kini telah berkembang hingga mencapai empat kali lipat dibandingkan 2012. Pada 2017, pendapatan sektor ini mampu mencapai US$493 juta atau sekitar Rp7 triliun.

Semakin banyak penggemar eSports, layanan seperti live streaming khusus di segmen game juga turut populer karena mampu menyajikan akses untuk menyaksikan kompetisi kelas dunia.

"Kami melihat minat penonton Nimo TV untuk menyaksikan live streaming turnamen setingkat Asia Tenggara dan nasional membuktikan betapa pesatnya pertumbuhan industri esport di Indonesia," ungkap Kevin Raharja, Head of Marketing Nimo TV Indonesia.

Di Indonesia, menurut dia, pihaknya melihat pertumbuhan pasar live streaming akan semakin meningkat memasuki tahun 2019.

"Selain karena pertumbuhan pesat komunitas esport di beberapa daerah di Indonesia seperti di Kalimantan dan Sulawesi, banyaknya penyelenggaraan turnamen eSports sepanjang tahun 2018 juga memberikan kontribusi besar atas pertumbuhan tersebut," ujarnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar