Laman

Sabtu, 06 Oktober 2018

Perjalanan Satu Windu Instagram

Perjalanan Satu Windu Instagram

PADA hari ini delapan tahun yang lalu, tepatnya 6 Oktober 2010, jejaring sosial berbagi foto Instagram mulai rilis perdana di Apple App Store.

Saat pertama kali meluncur, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menggunggah foto yang bisa diedit dengan berbagai filter. Seiring waktu berjalan, sejumlah fitur baru pun bermunculan, seperti berbagi video, tag, serta informasi lokasi.

Peluncuran Instagram menjadi terobosan terbaru dalam hal jejaring sosial berbasis foto dan video. Instagram pun menjelma jadi aplikasi populer. Hingga pada April 2012, Facebook mengakuisisi Instagram.

Dan kini, Instagram menjadi salah satu aplikasi dengan pengguna terbanyak. Tercatat, pada 18 Juni 2018, pengguna aktifnya mencapai mencapai 1 miliar.

Instagram berawal dari gagasan yang dibawa Kevin Systrom dan Mike Krieger. Keduanya merupakan lulusan dari Stanford University, AS. Pengalaman bekerja di Twitter dan Google membuat mereka ingin mengembangkan usahanya sendiri.

Berawal dari pengalaman itu, keduanya kemudian mengembangkan Burbn. Burbn merupakan proyek pengembangan aplikasi berbasis lokasi yang dipadukan dengan fotografi mobile.

Dengan aplikasi ini, pengguna dapat berbagi foto dan melakukan 'check in' di suatu lokasi yang dikunjungi.

Namun, Systrom kemudian merasa aplikasi itu terlalu mirip dengan aplikasi berbagi lokasi yang sudah populer terlebih dulu, Foursquare. Kemudian, dia dan Krieger memutuskan untuk fokus mengembangkan aplikasi berbagi foto dan video, disertai fitur 'likes' dan 'comments'.

Pengembangan aplikasi ini akhirnya dinamakan Instagram. Penamaan itu merupakan perpaduan antara kata 'Instant' dan 'gram' yang berasal dari kata 'telegram'. Systrom dan Krieger berharap aplikasi besutan mereka ini bisa seperti telegram yang memberikan informasi cepat, dan tersaji instan.

Pada Juli 2010, Kevin memposting foto pertamanya ke Instagram. Dalam foto itu, terlihat seekor anjing di Meksiko dan kaki seorang perempuan sebagai percobaan. Akhirnya, pada 6 Oktober 2010, Instagram resmi dirilis melalui App Store untuk perangkat mobile berbasis iOS.

Pengguna pun mulai tertarik dengan aplikasi ini. Banyaknya pengguna yang mengunduh Instagram membuat Facebook mulai tertarik. Pada 2012, Instagram menerima tawaran akuisisi dari Facebook dengan nilai yang mencapai US$1 miliar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar