Laman

Senin, 23 April 2018

Mobil Listrik Mahasiswa UII Hadir di IIMS 2018

Mobil Listrik Mahasiswa UII Hadir di IIMS 2018

INILAHCOM, Jakarta - Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi 3, karya Tim Ulil Albab Student Center (UASC) Electric Vehicle dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, turut meramaikan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

Kehadiran Mobil Listrik Kaliurang Generasi 3 di ajang pameran otomotif ini membuktikan bahwa anak bangsa mampu berinovasi dalam perkembangan teknologi. Ajang IIMS 2018 pun sekaligus menjadi momen untuk menyosialisasikan inovasi yang ada pada mobil listrik ini kepada pengunjung pameran.

Tak hanya itu, pengunjung yang hadir juga dapat mencoba mobil listrik (test drive) langsung di arena yang telah disediakan.

Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi 3 ini dirancang dengan sistem Android dan menjadi mobil mini formula dengan pengoperasian melalui Android pertama di Indonesia dengan memanfaatkan sistem telemetri --sebuah teknologi yang sistem kerjanya seperti Formula 1-- di mana semua kondisi mobil (seperti kondisi baterai, suhu motor, dan lain-lain) ditampilkan pada satu layar secara otomatis, sehingga tim dapat memantau mobil dari paddock.

Ada pun keunggulan lain yang dimiliki oleh Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi 3, yakni sistem IoT (Internet of Things); teknologi yang dapat membantu sistem kerja Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi 3 untuk meng-update status kondisi mobil, misalnya saat dalam bahaya, sehingga anggota tim secara khusus, juga orang lain secara umum, dapat memantau dan mengetahui kondisi mobil hanya dengan mengamati linimasa Facebook maupun Twitter.

Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi 3 juga dilengkapi sistem Live Streaming (yang biasanya dilakukan di Facebook atau Instagram), memungkinkan untuk tim ataupun orang lain menyaksikan secara real kondisi pada saat mobil mengikuti balapan, sehingga para pemirsa live streaming dapat merasakan sensasi yang dirasakan oleh driver di Cockpit Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi 3.

Dengan dilengkapi teknologi Android, Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi 3 ini cocok dijadikan sarana riset, sehingga pengembangan mobil listrik di Indonesia dapat berlangsung secara progresif.

Terkait keperluan komersial, Tim UASC Electric Vehicle menyatakan siap untuk merakit dan mendistribusikan beberapa partisi yang digunakan oleh Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi 3, seperti controller, baterai, dan juga BMS (Baterai Management System). Tiga partisi tersebut dipilih karena dimungkinkan untuk diproduksi dalam waktu dekat.

Sedangkan terkait partisi lain, Tim UASC Electric Vehicle masih membutuhkan riset lebih jauh untuk menemukan inovasi baru dari tiap-tiap partisi yang digunakan untuk kepentingan mobil listrik.

Mengingat eksistensi mobil listrik yang semakin beragam dan inovatif, nantinya riset yang dilakukan oleh Tim UASC Electric Vehicle dapat menghasilkan partisi-partisi dengan inovasi baru sehinga mampu menembus pasar, tak hanya dalam skala nasional namun juga internasional.

Saat ini, Tim UASC Electric Vehicle juga sedang fokus mempersiapkan rancangan mobil listrik terbaru yang akan diikutsertakan dalam ajang lomba Internasional FSAE Japan pada September mendatang, dalam hal ini Tim UASC sangat berkeinginan untuk mengharumkan nama Indonesia dikancah Internasional melalui rancangan mobil listrik yang akan dilombakan.

Tim UASC Electric Vehicle berharap adanya support dari Pemerintah Indonesia, dan perusahaan-perusahaan, dan media dalam merealisasikan rancangan mobil balap listrik yang akan dilombakan tersebut. Besarnya harapan, Tim UASC dapat turut mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar