Laman

Kamis, 08 Maret 2018

Robot Ini Pecahkan Kubus Rubik dalam 0,38 Detik

Robot Ini Pecahkan Kubus Rubik dalam 0,38 Detik

INILAHCOM, Cambridge - Sebuah robot hasil karya mahasiswa Massachusetts Institute of Technology (MIT), di AS, berhasil memecahkan rekor tercepat untuk menyelesaikan kubus rubik.

Saat ini, Guinness World Records mencatat Sub1 Reloaded sebagai robot pemegang rekor waktu tercepat untuk menyelesaikan kubus rubik. Robot tersebut bisa memecahkan kubus rubik dalam waktu 0,637 detik pada 2016.

Namun, robot baru yang dibangun oleh mahasiswa MIT jurusan robotik, Ben Katz dan developer software Jared Di Carlo, berhasil menyelesaikan kubus rubik hanya dalam waktu 0,38 detik. Meski disebutkan oleh CNET, bahwa itu bukanlah rekor resmi.

"Waktu penyelesaian kami 0,38 detik termasuk mengambil gambar melalui webcam, mendeteksi warna, mencari solusi dan memutar kotak-kotak di kubus," kata Di Carlo melalui sebuah blog.

Dia menyebut, salah satu rahasia untuk mengalahkan rekor sebelumnya adalah menggunakan motor yang lebih baik. Katz juga menjelaskan apa saja yang dia lakukan untuk membuat robot ini.



Robot ini begitu cepat sehingga ia merusak sebagian kubus rubik yang digunakan. Katz mengunggah video berjudul 'Cubesplosion' untuk menunjukkan salah satu kubus yang hancur. Namun, Di Carlo berkata, robot tersebut hanya merusak empat kubus dan dapat menyelesaikan ratusan kubus.

Sebagai perbandingan, Patrick Ponce adalah orang yang memegang rekor tercepat untuk memecahkan kubus rubik. Pada tahun lalu, dia mencetak rekor dengan memecahkan kubus rubik dalam waktu 4,69 detik.

Untuk manusia, itu sangat cepat. Namun, jika dibandingkan dengan robot, waktu itu jauh lebih lama.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar