Laman

Jumat, 24 November 2017

China Hapus Skype dari Apple App Store

China Hapus Skype dari Apple App Store

INILAHCOM, Beijing - Pemerintah China kembali melakukan pemblokiran terhadap platform media sosial. Kali ini korbannya adalah Skype.

Pemblokiran Skype menyusul aplikasi lain yang telah diblokir sebelumnya, seperti Facebook, Telegram, Twitter, Snapchat, Line, dan WhatsApp.

Platform komunikasi berbasis Voice over IP (VoIP) ini diketahui tidak muncul lagi di toko aplikasi milik Apple, App Store, pada awal November lalu.

"Kami telah diberitahu oleh Kementrian Keamanan Publik bahwa beberapa aplikasi berbasis VoIP tidak memenuhi peraturan hukum lokal China. Karena itulah, aplikasi-aplikasi tersebut dihapus dari toko aplikasi di China," ujar juru bicara Apple seperti dilansir Digital Trends.

Microsoft yang merupakan pemiliki Skype pun merespon kejadian ini. Mereka menyebut jika Skype hanya dihapus sementara dari App Store. Microsoft masih berupaya untuk mengembalikan Skype sesegera mungkin, namun belum dijelaskan lebih lanjut langkah apa yang akan ditempuh Microsoft.

Selain di App Store, Skype juga 'menghilang' di toko aplikasi pihak ketiga yang dimiliki produsen smartphone China, seperti Huawei dan Xiaomi.

Meskipun telah dihapus, layanan Skype yang telah terpasang masih bisa berfungsi di China. Artinya, Skype belum sepenuhnya diblokir.

Akan tetapi, pemblokiran Skype secara total sepertinya hanya menunggu waktu, mengingat kebijakan Great Firewall yang digencarkan Pemerintah China.

Great Firewall merupakan istilah yang digunakan dalam sistem sensor internet di Negeri Tirai Bambu itu. Kebijakan ini adalah bagian dari Golden Shield Project atau proyek keamanan kerja nasional untuk informasi publik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar