Laman

Senin, 04 September 2017

Situs Berbahaya Ini Sering Dikunjungi Anak-Anak

Situs Berbahaya Ini Sering Dikunjungi Anak-Anak

INILAHCOM, Jakarta - Kaspersky Lab menerbitkan laporan terbaru mengenai aktivitas anak-anak di seluruh dunia dalam menggunakan komputer.

Hasil analisis menunjukkan bahwa sekarang ini, rata-rata, anak-anak di seluruh dunia lebih jarang berkomunikasi, bermain, dan mengakses konten dewasa melalui komputer jika dibandingkan tahun lalu, namun mereka lebih sering membuka situs web yang memberikan informasi tentang narkoba, alkohol dan tembakau. Topik terakhir ini sangat diminati oleh anak-anak di wilayah Amerika Utara, Oceania, dan Eropa Barat.

Laporan tersebut, mencakup periode 12 bulan dari Mei 2016 sampai April 2017, menunjukkan statistik anonim dari solusi Kaspersky Lab untuk PC Windows dan Mac dengan modul Parental Control diaktifkan, dan menunjukkan data mengenai kunjungan atau percobaan kunjungan ke situs web dengan konten yang berpotensi membahayakan, termasuk satu dari tujuh kategori preset paling populer, seperti situs komunikasi; alkohol, tembakau, narkotika; gim komputer, perangkat lunak, audio, video; e-commerce; bahasa eksplisit; konten dewasa.

Untuk periode ini, 61 persen anak-anak membuka situs komunikasi (seperti media sosial, perpesanan, atau e-mail, apabila dibandingkan dengan 12 bulan sebelumnya (Mei 2015 sampai April 2016) yang sebanyak 67 persen. Game komputer turun menjadi 9 persen dari 11 persen, dan situs dewasa saat ini mencapai 1,2 persen dan bukan 1,5 persen.

Sementara itu, kunjungan ke halaman yang berisi informasi tentang narkoba, alkohol dan tembakau sekarang mencakup 14 persen pendeteksian, meskipun jumlahnya hanya 9 persen dalam periode pelaporan sebelumnya. Minat membuka halaman yang memiliki software, audio dan video juga meningkat: 6 persen vs 3 persen.

"Kami melihat adanya perubahan besar dalam aktivitas online anak-anak dari komputer ke perangkat mobile. Sekarang anak-anak hanya menggunakan komputer untuk mengunjungi situs web yang tidak memiliki aplikasi seluler yang setara atau lebih mudah dilihat di layar yang lebih besar," kata Anna Larkina, Web-content Analysis Expert di Kaspersky Lab.

Hal ini, menurut dia, mungkin menjelaskan mengapa proporsi mengunjungi situs web komunikasi di komputer mengalami penurunan, sementara proporsi situs web dengan konten 'alkohol, tembakau, narkotika' semakin meningkat.

"Penurunan proporsi situs game bukan berarti lebih sedikit anak-anak yang bermain game komputer; tetapi mereka cenderung memilih beberapa situs dan tetap bermain di situs tersebut, dan bisa menghabiskan waktu hingga berjam-jam untuk memainkannya," lanjut Larkina.

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa anak-anak yang paling suka berkomunikasi tinggal di kawasan Arab di mana terdeteksi sebanyak 89 persen menggunakan situs komunikasi. Sementara, anak-anak di Amerika Utara yang menggunakan komputer untuk tujuan ini terdeteksi hanya sebanyak 28 persen.

Situs tentang narkotika, alkohol dan tembakau paling populer di Amerika Utara (32 persen), Oceania (30 persen) dan Eropa Barat (26 persen), sementara anak-anak dari kawasan Arab sangat jarang membuka situs ini --hanya 3 persen.

Kategori game komputer mengikuti pola yang sama: situs ini paling populer di Amerika Utara (20 persen), Oceania (20 persen), Eropa Barat (18 persen) dan tidak populer di kawaasan Arab (hanya 2 persen).

Menariknya di China, Singapura, Hong Kong, Macau, Taiwan, Jepang, dan Korea Selatan sangat menonjol di kategori e-commerce dan terdeteksi sebanyak 13 persen, sementara rata-rata global hanya 5 persen.

Anak-anak di negara tersebut juga menggunakan perangkat lunak dan situs konten dewasa lebih banyak daripada anak-anak di kawasan lain.

Solusi keamanan Kaspersky Total Security dan Kaspersky Internet Security mencakup modul Parental Control yang membantu orang dewasa melindungi anak-anak mereka dari ancaman online dan memblokir situs atau aplikasi dengan konten yang tidak pantas.

Adapun kategori situs web yang dapat diblokir oleh modul Parental Control di solusi Kaspersky Lab adalah konten dewasa; alkohol, tembakau, narkotika; gim komputer; e-Commerce; bahasa eksplisit; perjudian, undian; pengalihan permintaan HTTP; situs komunikasi; pencarian pekerjaan; situs berita; agama, asosiasi agama; perangkat lunak, audio, video; kekerasan; senjata, bahan peledak, pirotekni

Kaspersky Lab juga menawarkan solusi Safe Kids yang memungkinkan orang tua memantau apa yang anak mereka lakukan, lihat atau telusuri secara online di semua perangkat, termasuk perangkat mobile, dan dapatkan saran bermanfaat tentang cara membantu anak berperilaku online dengan aman.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar