Laman

Kamis, 15 Juni 2017

Ketika Ikan Sotong 'Menyamar' Jadi Kepiting Petapa

Ketika Ikan Sotong 'Menyamar' Jadi Kepiting Petapa

INILAHCOM, Jakarta - Sejenis ikan sotong berjenis Pharaoh Cuttlefish suka berpura-pura menjadi kepiting pertapa. Mengapa bisa begitu?

Saluran Natinal Geographic di YouTube melalui video terbaru unggahan mereka memperlihatkan jenis ikan sotong Pharaoh Cuttlefish suka berpura-pura menjadi kepiting pertapa (hermit crab).

Penemuan ini ditemukan oleh para ilmuwan asal Jepang. Perilaku ini muncul ketika ikan sotong tersebut ditaruh di tempat ukuran besar dan ketika ingin memangsa ikan kecil.

Sotong atau 'ikan' nus adalah binatang yang hidup di perairan, khususnya sungai maupun laut atau danau.

Hewan ini dapat ditemukan di hampir semua perairan yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan. Sotong juga merupakan makanan sejenis seafood.

Sementara kepiting pertapa atau kelomang adalah krustasea dekapod dari superfamilia Paguroidea. Sebagian besar dari sekitar 1.100 spesies anggota Paguroidea memiliki perut asimetris, yang tersembunyi dalam cangkang siput laut yang telah kosong yang dibawa-bawa oleh hewan ini.

Sebutannya dalam bahasa Inggris, hermit crab (ketam pertapa) konon diperoleh karena perilakunya yang gemar mengembara dan kebiasaannya hidup sendiri di 'rumah'nya.

Tonton videonya di bawah ini:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar