Laman

Jumat, 26 Mei 2017

Roket Ruang Angkasa Meluncur dari Fasilitas Swasta

Roket Ruang Angkasa Meluncur dari Fasilitas Swasta

INILAHCOM, Wellington - Sebuah perusahaan yang berbasis di AS telah meluncurkan roket ke ruang angkasa dari Selandia Baru, peluncuran pertama dari fasilitas swasta.

Roket Electron milik Rocket Lab setinggi 17 meter tinggal landas dari Semenanjung Mahia, di North Island, seperti disampaikan perusahaan tersebut melalui Twitter yang dikutip BBC.

Uji peluncuran dianggap sebagai langkah penting di pasar yang terus berkembang: meluncurkan roket-roket murah sekali pakai untuk membawa satelit kecil dan muatan-muatan lain.

Rocket Lab berencana untuk memulai peluncuran komersial pertama dengan lebih sering pada akhir tahun ini.

Cuaca buruk sempat menunda peluncuran roket selama beberapa hari, namun Electron akhirnya berangkat pada Kamis siang waktu setempat.



Uji coba peluncuran pertama, satu dari tiga yang direncanakan, tidak membawa muatan sungguhan, tetapi Rocket Lab mengatakan bahwa roket Electron bermuatan beban 150 kilogram ke orbit.

Selandia Baru dipilih sebagai lokasi peluncuran karena lalu lintas udara di negara ini tak seramai di AS. Karena peluncuran roket ke angkasa biasanya melibatkan pengalihan penerbangan pesawat-pesawat komersial.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar