Laman

Jumat, 26 Mei 2017

Q1 2017, Samsung Rajai Penjualan Smartphone Global

Q1 2017, Samsung Rajai Penjualan Smartphone Global

INILAHCOM, San Francisco - Menurut perusahaan analis pasar Gartner, penjualan global smartphone melonjak menjadi 380 juta perangkat pada kuartal pertama (Q1) 2017, atau naik 9 persen dari periode yang sama di tahun lalu.

Samsung dan Apple memang masih mempertahankan posisi teratas mereka, namun produsen smartphone asal China, yakni Huawei, OPPO, dan Vivo, mengkontribusi hampir seperempat dari seluruh penjualan global smartphone.

Mengutip GSM Arena, Samsung tetap memimpin penjualan smartphone global, namun raksasa Korea Selatan ini mengalami penurunan jumlah perangkat yang dikirim karena penjualan Galaxy Note 7 yang dihentikan.

Apple berada di posisi kedua, tetapi penjualannya tetap datar, yang berarti kehilangan pelanggan di pasar yang terus berkembang.

Tiga produsen asal China terus tumbuh dengan pesat di mana Huawei berada di posisi ketiga, sementara OPPO berhasil mencapai peningkatan pengiriman sebesar 94,6 persen dan hanya berselisih 250.000 unit atau 0,9 persen dari Huawei.

Vivo menutup lima besar dengan penjualan hampir 26 juta unit antara Januari hingga Maret 2017 dengan raihan pangsa pasar 6,8 persen.

"Vivo menunjukkan tumbuhnya permintaan pada smartphone mereka dari pasar negara berkembang di Asia Pasifik, termasuk India, di mana penjualan tumbuh lebih dari 220 persen berkat daya tarik merek yang meningkat," demikian menurut Gartner.

Perusahaan analis pasar itu juga mengungkap distribusi penjualan smartphone di seluruh dunia berdasarkan sistem operasi. Android masih menjadi sistem operasi teratas dengan 86,1 persen perangkat, sementara iOS menyumbang 13,7 persen. Platform lainnya hanya menyumbang 0,2 persen dari penjualan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar