Laman

Selasa, 25 April 2017

Melirik Dapur Pembuatan Mobil Mitsubishi di Bekasi

Melirik Dapur Pembuatan Mobil Mitsubishi di Bekasi

INILAHCOM, Cikarang- PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di kawasan industri GIIC Deltamas, Bekasi, dipersiapkan untuk memproduksi mobil Pajero Sport dan mobil keluarga XM Concept yang bakal meluncur tak lama lagi. Yuk, kita intip seperti apa pabrik ini.

Pabrik yang berdiri di atas lahan seluas 30 hektare ini memiliki otomatisasi tinggi dengan menggunakan robot. Tak kalah dengan pabrik lain di Thailand dan Jepang yang menjadi basis produksi global Mitsubishi.

INILAHCOM bersama dengan puluhan jurnalis dipersilahkan menyaksikan langsung kecanggihan proses produksi dan perakitan mobil Mitsubishi tersebut.

Baca juga: Presiden Resmikan Pabrik Baru Mitsubishi

Rombongan dipersilahkan memasuki bagian produksi dan diizinkan mengabadikan gambar di lokasi yang kebanyakan memanfaatkan mekanisme otomation alias teknologi robot.

Pada bagian frame process, misalnya, dikerjakan oleh tangan-tangan mesin alias robot. Robot-robot tersebut bergerak cepat dan senada di bagian ini. Otomatisasi proses produksi sangat kentara di sini.

Otomatisasi pembuatan tersebut menggunakan robot dengan sensor laser di bagian frame process dilakukan, karena bagian ini sangat memerlukan akurasi pengerjaan yang tinggi dan memiliki tingkat kesulitan tinggi.

Teknologi itu disebut full automatic press line, 53 robot pada bagian pengelasan dan robotic spray painting. Fasilitas tersebut dianggap merupakan teknologi terbaru dalam sistem produksi kendaraan di Indonesia.

Saat ini pabrik Mitsubishi Cikarang memiliki kapasitas produksi sebesar 160 ribu unit per tahun, menyerap tenaga kerja sebanyak 3.000 orang, dan melibatkan sekitar 212 suplayer lokal tier-1 dan 369 tier-2 yang diperuntukkan untuk memproduksi small-MPV, Pajero Sport, L300 dan rencananya juga XM Concept.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar