Laman

Selasa, 28 Februari 2017

MediaTek Umumkan Chipset Flagship Helio X30

MediaTek Umumkan Chipset Flagship Helio X30

INILAHCOM, Taipei - Produsen chipset prosesor asal Taiwan, MediaTek, resmi mengumumkan kehadiran produk chipset kelas flagship terbaru mereka yaitu Helio X30.

Chipset baru ini merupakan produk ketiga mereka yang diproduksi lewat teknologi 10nm. Metode produksi tersebut menjanjikan peningkatan performa yang dibarengi dengan konsumsi tenaga yang lebih hemat ketimbang chipset dengan 14nm, seperti Snapdragon 821.

Mengutip Phone Arena, Helio X30 menggunakan arsitektur deca-core yang terdiri dari tiga cluster, yaitu cluster performa tinggi yang terdiri dari sepasang core Cortex-A73 berkecepatan 2,8GHz, lalu cluster performa menengah yang diisi oleh empat buah core Cortex-A53 berkecepatan 2,2GHz, dan cluster performa rendah untuk tugas ringan yang berisi empat buah core Cortex-A53 berkecepatan 2Ghz.

Karena merupakan chipset yang ditujukan bagi produk kelas flagship, maka tak mengherankan jika MediaTek menyertakan dukungan untuk pemakaian RAM 8GB. Sementara untuk keperluan grafis, Helio X30 mengandalkan GPU PowerVR GT7400 Plus.

Dengan spesifikasi tersebut, tampaknya Helio X30 akan siap bersaing dengan berbagai chipset kelas atas milik kompetitor seperti Snapdragon 835 besutan Qualcomm dan Exynos 9810 milik Samsung.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar