Laman

Rabu, 22 Februari 2017

Iran Larang Drone Pribadi Mengudara di Teheran

Iran Larang Drone Pribadi Mengudara di Teheran

INILAHCOM, Teheran - Para pejabat militer Iran melarang penerbangan semua drone pribadi di langit Ibu Kota Teheran setelah dua insiden baru-baru ini menimbulkan kekhawatiran soal keamanan.

Kini, surat izin penggunaan drone hanya akan diberikan kepada pihak berwenang dan bukan kepada individu, kata para pejabat militer Iran seperti dilansir BBC.

Perangkat udara tak berawak ini telah menimbulkan berbagai kekhawatiran seputar keamanan setelah ada drone yang mendekati beberapa wilayah penting.

Drone menjadi semakin populer di Teheran, tetapi membuat marah penduduk setempat yang meyakini bahwa perangkat yang kerap dilengkapi kamera tersebut telah melanggar privasi mereka.

"(Drone berjenis) quadcopters ini dilengkapi dengan berbagai kamera dan bisa terbang di atas wilayah-wilayah penting, mengambil gambar dan dimanfaatkan oleh musuh," kata wakil komandan Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC), Ali Reza Rabi'i, seperti dilaporkan kantor berita Tasnim.

"Sebagai objek terbang, terutama yang dilengkapi kamera, mereka bisa menjadi ancaman," imbuhnya.

Pada Desember 2016, sebuah pesawat tak berawak ditembak jatuh setelah memasuki zona larangan terbang di dekat kantor pejabat tinggi negara, termasuk kantor Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

Drone yang dilaporkan milik salah satu stasiun televisi di negara itu, dikatakan melakukan pengambilan gambar untuk sebuah film dokumenter.

Insiden lainnya yang terjadi bulan lalu adalah ketika sistem pertahanan udara Khatam al-Anbia menembak drone tak dikenal di atas pusat kota Teheran, tapi mereka gagal menghancurkan pesawat nirawak tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar