Laman

Sabtu, 21 Januari 2017

AS Tak Lagi terbesar dalam Pendapatan App Store

AS Tak Lagi terbesar dalam Pendapatan App Store

INILAHCOM, San Francisco - AS tergeser oleh China dari posisi negara yang meraih pendapatan terbesar dari toko aplikasi online untuk iOS, App Store, di tahun 2016.

Tak hanya itu, AS juga kalah dari India yang menduduki negara paling banyak mengunduh di Google Play Store dengan 6 miliar unduhan. Total jumlah unduhan di India mencapai 90 miliar di App Store dan Google Play Store.

Hal tersebut diungkap dalam laporan perusahaan intelijen bisnis dan data aplikasi mobile, App Annie, pada Januari 2017.

App Annie dalam Restrospective Report tahunan keempatnya memuat analisa komprehensif dari tren pasar aplikasi mobile selama tahun 2016.

Retrospective Report melaporkan negara maju mengalami pertumbuhan yang sangat kuat dan pasar di negara berkembang justru mendapatkan keuntungan yang lebih mengesankan, misalnya India, Indonesia, Meksiko, dan Brasil.

Rata-rata pengguna iPhone menggunakan 30 aplikasi setiap bulan, seperti di China, India, Korea Selatan, Jepang, Brasil, AS, dan Inggris.

Game, yang tetap mendominasi sebagian besar pendapatan dari toko aplikasi adalah Pokemon Go. Game ini masih berada di lima aplikasi teratas untuk pendapatan tertinggi di seluruh dunia pada pekan terakhir 2016.

Video streaming juga memberikan pendapatan yang bagus sebagai konten premium, misalnya aplikasi streaming olahraga dan siaran langsung, baik pengguna hanya sebagai penonton maupun ikut berpartisipasi.

Publisher meraup US$35 miliar berdasarkan pendapatan yang diraih dari App Store dan Google Play Store. Jika menyertakan hitungan bisnis iklan di dalam aplikasi, pendapatan dari toko aplikasi resmi dan tidak resmi di tahun 2016 untuk publisher mencapai keuntungan sebesar US$89 miliar.

Jumlah unduhan meningkat 15% dari 2015 ke 2016 melalui App Store dan Google Play Store. Sedangkan waktu yang dihabiskan untuk menggunakan aplikasi meningkat 25% serta toko aplikasi lebih banyak memberikan keuntungan kepada publisher dari Google Play Store dan App Store sebesar 25%.

Waktu yang dihabiskan untuk menggunakan aplikasi mencapai hampir 900 miliar jam di tahun 2016, untuk waktu total dengan perangkat Android, terkecuali China.

Aplikasi mobile untuk video streaming mengalami pertumbuhan yang besar di Asia. Pendapatan China pada App Store telah meningkat empat kali lipat selama 12 bulan.

Asia Tenggara tumbuh lebih dari sembilan kali lipat dengan Indonesia dan Thailand yang mendorong pertumbuhan pendapatan di App Store dan Google Play Store.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar