Laman

Selasa, 01 November 2016

Menperin Resmi Buka Pameran Sepeda Motor IMOS 2016

Menperin Resmi Buka Pameran Sepeda Motor IMOS 2016

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto resmi membuka pameran akbar sepeda motor Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (2/11/2016).

Mengusung tema Teknologi untuk Kehidupan yang Lebih Baik, ajang pameran dua tahunan yang digelar oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) ini dijadwalkan akan berlangsung selama lima hari hingga Minggu, 6 November 2016.

Dalam sambutannya, Menperin Airlangga menyebut bahwa industri sepeda motor di Indonesia merupakan salah satu industri penting. Bahkan penggunaan komponen lokalnya sudah mencapai 90 persen.

"Ke depannya kita akan dorong perkembangan industri motor untuk lebih berkembang lagi. Pasalnya sepeda motor masih menjadi alternatif bagi masyarakat di tengah belum memadainya transportasi umum," kata Airlangga.

Menurutnya, mobilitas sepeda motor ini berdasarkan STNK ada 90 juta di seluruh Indonesia, sehingga perbandingannya sudah 1:3 dengan jumlah masyarakat.

"Meskipun perkembangannya sedang mengalami penurunan tetapi posisi motor di Indonesia berada di urutan ketiga setelah China dan India," jelas Airlangga yang menyambut dengan baik penyelenggaraan pameran seperti IMOS 2016.

Sementara itu, Ketua Umum AISI Gunadi Sindhuwinata mengatakan bahwa pameran sepeda motor sudah menjadi bagian dari agenda AISI sejak 2002 silam. Menurutnya, pameran ini juga merupakan upaya AISI dalam mengembangkan industri dan teknologi ramah lingkungan yang dikemas dalam kompetisi sehat para pelaku industri.

"IMOS 2016 menjadi ajang penting dan jendela bagi masyarakat mengenai kemajuan industri sepeda motor dan juga pertumbuhan pasar domestik yang saat ini sedang mengalami stagnansi, meski di sisi lain sektor ekspor terbilang menggembirakan. Kami yakin ke depan pasar ini tetap tumbuh, hingga 10 sampai 20 tahun lagi sepeda motor masih menjadi kebutuhan masyarakat," ujar Gunadi.

Disponsori oleh Pertamina Lubricant, IMOS 2016 digelar di atas area seluas 9.000 m2 termasuk area indoor dan outdoor. Tercatat ada 39 brand menjadi peserta pameran yang terdiri dari lima anggota AISI, tiga Non AISI, dan 31 industri pendukung.

Adapun lima anggota AISI yang turut serta dalam IMOS 2016, yakni Honda, Kawasaki, TVS, Suzuki, dan Yamaha mengaku telah siap menunjukkan produk-produk terbaik mereka di ajang dua tahunan ini. Bagi para anggota AISI, IMOS 2016 siap menjadi ajang untuk memantapkan eksistensi brand mereka di Indonesia.

Kelimanya pun telah mempersiapkan berbagai kejutan untuk publik pecinta otomotif Tanah Air. Kawasaki misalnya, mereka akan menghadirkan full line-up berupa Ninja Series, Classic Series, Off Road Series, dan Advanture Series.

Tak mau ketinggalan, TVS Motor juga telah bersiap untuk unjuk gigi di IMOS 2016. Mereka akan menampilkan motor konsep andalan, dimana cikal bakal dari sepeda motor sport premium TVS dengan kubukasi mesin 300cc ini telah menjadi perbincangan yang hangat baik di India maupun di Indonesia.

Demikian pula dengan Suzuki Indomobil Sales (SIS). Mereka memilih IMOS 2016 sebagai ajang pertama yang menghadirkan gebrakan terbaru dari Suzuki. Pada hari pembukaan pameran, Suzuki akan memperkenalkan kepada dunia untuk pertama kalinya sebuah produk yang mewarisi tradisi dan teknologi motor sport Suzuki.

Sementara itu, Astra Honda Motor (AHM) akan menghadirkan lebih dari 30 unit motor yang terdiri dari motor konsep, motor yang diproduksi AHM, hingga motor modifikasi dengan Honda Genuine Accesories (HGA) maupun parts custom.

Selain menjadi ajang unjuk gigi sepeda motor, perhelatan ini juga menawarkan beragam promo pembelian menarik selama acara berlangsung dan kegiatan pendukung lainnya. Mulai dari Jamboride, IMOS Motocustom hingga IMOS Bazaar.

Bagi pengunjung yang penasaran dengan sensasi berkendara motor terbaru, terdapat area test ride di area luar. Selain itu dalam rangka mendukung keselamatan berkendara, acara ini juga menyajikan sesi safety riding.

"Kami berharap, ajang IMOS kali ini juga bisa menjadi ajang untuk mendorong keselamatan di jalan raya," cetus Sigit Kumala, Ketua Penyelenggara IMOS 2016.

Pameran sepeda motor terbesar di Indonesia ini akan berlangsung setiap harinya mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp15.000 per orang untuk Rabu sampai Jumat, dan Rp20.000 untuk Sabtu dan Minggu.

Di tempat dan waktu yang bersamaan, juga berlangsung pameran Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) terbesar di Indonesia, Indocomtech 2016, yang menghadirkan ratusan merek produk TIK dengan ragam teknologi terkininya. [ikh]



Tidak ada komentar:

Posting Komentar