Laman

Minggu, 04 September 2016

Sinyal Misterius Luar Angkasa dari Peradaban Maju?

Sinyal Misterius Luar Angkasa dari Peradaban Maju?

INILAHCOM, Jakarta - Tahun lalu sebuah sinyal misterius yang kuat dari luar angkasa telah ditemukan, dan diperkirakan berasal dari peradaban maju.

Observer melansir, pada tahun 2015 para ilmuwan Rusia yang mengoperasikan teleskop radio RATAN-600 telah menemukan sinyal yang kuat dari luar angkasa. Namun mereka membungkamnya hingga akhirnya kini terkuak.

Beritanya bocor ketika seorang jurnalis bernama Paul Gilster diperlihatkan makalah penelitian berjudul 'Sinyal Kuat dari arah HD164595'.

HD164595 adalah sebuah bintang di instalasi Hercules, yang berjarak 95 tahun cahaya dari Bumi.

Sinyalnya begitu kuat sehingga meyakinkan para ilmuwan lainnya untuk terus memantau ke arah tersebut. Pihak Search for Extra-Terrestrial Intelligence (SETI) kini pun ikut terlibat di penelitian tersebut.

Jika berasal dari planet berpenghuni, maka jelas ada sebuah peradaban selain di Bumi.

SETI (singkatan dari Search for Extra-Terrestrial Intelligence) adalah nama dari sekelompok usaha terorganisir untuk mendeteksi kehidupan ekstraterestrial.

Sejumlah usaha yang tergabung dalam "SETI" diorganisir dan didanai oleh pemerintah Amerika Serikat. Pendekatan umum yang dilakukan oleh proyek SETI adalah dengan menyurvei angkasa untuk mendeteksi keberadaan komunikasi antar-bintang dari sebuah peradaban.

Baca detailnya di tautan berikut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar