Laman

Jumat, 02 September 2016

Mesin Kecerdasan Google Uji Coba Deteksi Kanker

Mesin Kecerdasan Google Uji Coba Deteksi Kanker

INILAHCOM, London - Sebanyak 700 hasil pemindai computerised tomography atau CT scan dan magnetic resonance imaging atau MRI dari pasien rumah sakit University College London (UCL) akan dianalisa oleh mesin kecerdasan buatan Google yang diberi nama DeepMind.

Mengutip BBC, tujuan program ini adalah pengembangan logaritma yang secara otomatis dapat mengenali jaringan yang terkena kanker dan yang sehat.

Dengan pengenalan ini, diharapkan waktu yang dibutuhkan untuk perawatan radioterapi bisa dikurangi hingga menjadi satu jam saja, dari saat ini yang membutuhkan berjam-jam.

Program ditujukan terutama untuk membantu program perawatan kanker kepala dan leher.

"Meski demikian, dokter akan tetap bertanggung jawab untuk menentukan perencanaan perawatan," menurut pernyataan dari pihak UCL.

Radioterapi yang diterapkan dengan tepat akan mengurangi efek samping perawatan, menurut Dr Justine Alford dari Cancer Research UK, yang tidak terlibat dalam program ini.

"Menggunakan komputer untuk merencanakan perawatan radioterapi bisa membantu perawatan lebih baik dengan cara mempercepat proses dan meningkatkan keamanan," kata Dr Alford.

Program ini tetap menjamin kerahasiaan data dengan mengaburkan nama pasien yang hasil pemindainya digunakan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar