Laman

Selasa, 15 Oktober 2019

Resmi Rilis Smartphone Pertama Buatan Afrika

Resmi Rilis Smartphone Pertama Buatan Afrika

INILAHCOM, Kigali - Perusahaan teknologi asal Rwanda, Mara Group, resmi meluncurkan sepasang smartphone besutan mereka. Bernama Mara X dan Mara Z, keduanya menjadi smartphone pertama yang sepenuhnya dibuat di Afrika.

Berbasis sistem operasi Android, Mara X dan Mara Z masuk dalam kategori smartphone kelas menengah dan bawah.

Mengutip Reuters, Mara X dibanderol dengan harga US$190 (Rp2,7 juta), sementara Mara Z dihargai US$130(Rp1,8 juta).

CEO Mara Group Asish Thakkar mengaku optimis produk buatannya itu akan laris terjual. Sebab menurut dia, target market dari smartphone ini adalah konsumen yang mau membayar lebih tinggi demi mendapatkan barang yang lebih berkualitas.

"Ini adalah smartphone pertama yang dibuat di Afrika," kata Thakkar, seraya menambahkan bahwa smartphone Mara juga dirakit di wilayah Mesir, Ethiopia, Aljazair, dan Afrika Selatan. Namun, komponennya didapatkan melalui jalur impor.

"Kami sebenarnya adalah yang pertama melakukan perakitan. Kami membuat motherboard, kami juga membuat sub-board selama proses berlangsung," lanjutnya.

Thakkar juga mengatakan, pembuatan pabrik smartphone tersebut menelan biaya sekitar US$24 juta dengan kapasitas produksi mencapai 1.200 unit per hari.

Dia pun berharap Mara Group bisa mendapatkan keuntungan dari Perjanjian Perdagangan Bebas Benua Afrika. Perjanjian ini berisi kebijakan yang membentuk blok perdagangan 55 negara untuk meningkatkan penjualan di seluruh wilayah Afrika. [ikh]



Tidak ada komentar:

Posting Komentar