Laman

Selasa, 04 Juni 2019

Sistem Operasi Khusus iPad, Apple Luncurkan iPadOS

Sistem Operasi Khusus iPad, Apple Luncurkan iPadOS

INILAHCOM, San Jose - Ajang konferensi tahunan untuk pengembang WWDC 2019 yang digelar di San Jose, California, AS, juga dimanfaatkan oleh Apple untuk memperkenalkan sistem operasi khusus perangkat iPad bernama iPadOS.

iPad selama ini menggunakan sistem operasi iOS yang sama dengan perangkat iPhone. Oleh karena itu, iPadOS dibangun dari pondasi yang sama dengan iOS, namun ditambah kemampuan khusus untuk memaksimalkan fungsi layar besar di iPad.

"iPad mengubah bagaimana orang bekerja dan mengekspresikan kreativitas mereka. Dengan iPadOS, kami memberikan kemampuan menarik untuk memanfaatkan kanvas luas dan berbagai kegunaannya," kata Craig Federighi, Senior Vice President of Software Engineering Apple, dalam keterangan resminya yang diunggah di situs Apple.

Baca juga: Apple Akhiri iTunes untuk Mac

Menurut dia, Apple merancang ulang layar utama home screen untuk iPadOS, menampilkan lebih banyak aplikasi di setiap halaman. Pengguna iPadOS bisa menambahkan View ke layar Home, termasuk juga widget.

iPadOS juga mengizinkan penggunanya untuk mengakses berbagai berkas dan dokumen secara simultan dari aplikasi yang sama berkat pembaruan di Split View. Pengguna juga bisa meninjau dan berganti aplikasi dengan Slide Over.



Baca juga: Apple Rilis iOS 13, Ini Fitur Barunya

iPadOS akan memaksimalkan penggunaan pena stylus Apple Pencil, salah satunya bisa menandai dan memblok tulisan di dokumen atau situs dengan menyapukan Apple Pencil dari pojok layar.

Apple Pencil dibekali dengan algoritme prediksi dan optimalisasi untuk mengurangi latensi menjadi 9 milidetik.

iPadOS mendukung penyimpanan eksternal antara lain USB, kartu memori dan file server SMB dari dalam aplikasi Files. Files juga diperbarui dengan kemampuan berbagi folder lewat iCloud Drive.

Sementara untuk browser Safari, iPadOS menawarkan versi desktop aplikasi tersebut yang disesuaikan dengan tampilan iPad.

Sama seperti iOS 13, iPadOS juga mendukung fitur Dark Mode untuk membuat tampilan latar perangkat berwarna gelap dan nyaman dilihat saat berada di bawah cahaya redup.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar