Laman

Kamis, 02 Mei 2019

Menristekdikti akan Pacu 11 PT ke Peringkat Dunia

Menristekdikti akan Pacu 11 PT ke Peringkat Dunia

INILAHCOM, Depok - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menargetkan pada 2024 nanti ada 11 perguruan tinggi yang menembus peringkat dunia. Kemenristekdikti akan mengajukan alokasi dana Rp10 triliun untuk mendorong peningkatan peringkat kelas dunia tersebut.

"Kami coba ajukan untuk masuk kelas dunia sekitar Rp 10 triliun dulu. Tahun depan, tahun 2020 nanti. Dananya untuk riset, staff mobility, dosen asing atau sebaliknya dosen Indonesia ke luar negeri, mahasiswa dan semua harus kita lakukan. Riset collaborate," ujar Menteri Nasir saat memberikan sambutan pada peringatan Hardiknas di Kampus UI, Depok, Kamis (2/5/3019).

Ia memaparkan, saat ini, dana yang telah dialokasikan untuk riset sudah mencapai Rp950 miliar.

Saat ini, Indonesia memiliki 11 perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN-BH). Namun, yang tercatat masuk 500 besar Quacquarelli Symonds(QS) World University hingga 2019 ini baru tiga universitas. Yaitu, Universitas Indonesia (UI) pada ranking 292, Institut Teknologi Bandung (ITB) pada ranking 359, dan Universitas Gadjah Mada (UGM) pada ranking 391. "UI akan kita dorong di angka 200. ITB bagaimana kita dorong ke 200. UGM kita dorong menjadi 200," jelas Nasir.

Nasir pun mendorong PTN-BH lainnya agar segera tercatat dalam 500QS. Ke- 11 PTN-BH di Indonesia, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Airlangga, Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Hasanuddin (Unhas), serta Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). [*]



Tidak ada komentar:

Posting Komentar