Laman

Senin, 01 April 2019

Samsung Galaxy Note 10 Hadir Tanpa Tombol Fisik?

Samsung Galaxy Note 10 Hadir Tanpa Tombol Fisik?

INILAHCOM, Seoul - Setelah merilis seri Galaxy S10, Samsung kini tengah mempersiapkan kehadiran flagship terbaru lainnya, yakni Galaxy Note 10.

Portal berita teknologi Korea Selatan, ETNews, mewartakan bahwa sumber dalam industri mengatakan jika Samsung bakal memasang teknologi keyless alias tanpa tombol fisik di smartphone premium berikutnya.

Konsep smartphone tanpa tombol fisik ini kabarnya bakal diperkenalkan Samsung pada 25 April mendatang. Kemungkinan, teknologi tersebut bakal diterapkan pertama kali di Galaxy Note 10.

Selama ini, desain smartphone pada lini flagship Galaxy S dan Galaxy Note memang masih mengandalkan tombol fisik untuk sejumlah fungsi tertentu, seperti tombol power, volume, dan tombol khusus Bixby. Apabila tombol fisik tersebut dihilangkan, apa gantinya?

Mengutip Gizmochina, Samsung dikabarkan tengah mengembangkan teknologi kontrol lewat sentuhan, seperti untuk tombol volume naik-turun.

Pabrikan modul keyless asal China, NDT, disebut-sebut sebagai rekanan Samsung dalam mengembangkan teknologi tersebut. Diketahui, NDT tengah mengembangkan teknologi modul yang sensitif terhadap sentuhan atau tekanan.

Menariknya, teknologi tombol sentuh ini juga disebut-sebut bukan hanya untuk lini smartphone premium Samsung saja, melainkan juga untuk lini smartphone kelas menengah dan bawah Samsung, seperti lini Galaxy A dan Galaxy M.

Konsep smartphone tanpa tombol fisik ini telah dikenalkan sebelumnya oleh vendor China, Meizu, lewat produk Meizu Zero.

Untuk Galaxy Note 10, bocoran spesifikasi yang beredar sejauh ini mencakup chipset Snapdragon 855 atau Exynos 5100 dengan 5G atau Exynos 9825, RAM 12GB, dan memori penyimpanan internal hingga 1TB.

Galaxy Note 10 juga digadang-gadang sebagai smartphone kelas flagship pertama Samsung dengan empat kamera belakang.

Samsung diperkirakan bakal meluncurkan Galaxy Note 10 pada Agustus mendatang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar