Laman

Jumat, 01 Maret 2019

New Honda Mobilio Tetap Irit Bahan Bakar

New Honda Mobilio Tetap Irit Bahan Bakar

NEW Honda Mobilio resmi dikenalkan oleh Honda Prospect Motor (HPM) di Jakarta pada 21 Februari 2019. Satu pekan kemudian, INILAHCOM bersama sejumlah jurnalis lain berkesempatan menjajal kemampuan kendaraan dari segmen Low MPV yang menjadi pesaing Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, dan Mitsubishi Xpander ini.

Hadir dengan sejumlah penyegaran pada eksterior serta beberapa fitur baru pada interior, New Honda Mobilio tetap mengandalkan keunggulan utamanya sebagai mobil yang fungsional untuk keperluan sehari-hari.

Oleh karena itu pada test drive kali ini, HPM mengajak para jurnalis untuk berfokus pada efisiensi bahan bakar yang ditawarkan. Seolah ingin mengingatkan kembali bahwa Mobilio memiliki tenaga terbesar di kelasnya, tetapi tetap irit konsumsi bahan bakarnya.

Hasilnya, ada salah satu mobil unit test drive yang mampu mencapai angka 21,6 kilometer per liter.

Baca juga: Tambah Fitur Baru, Honda Segarkan Tampilan Mobilio

Efisiensi itu didapatkan setelah para jurnalis mengemudikan New Honda Mobilio dari kawasan Cilandak Jakarta Selatan menuju BSD Tangerang, kemudian bertolak ke Pantai Indah Kapuk dan finish di Ancol, Jakarta Utara, sejauh lebih dari 60 kilometer dengan melibas sejumlah titik kemacetan.

Namun, efisiensi itu tercapai dengan cara tidak menyalakan AC selama perjalanan. Sedangkan yang menggunakan pendingin udara mencatatkan angka 17 kilometer per liter (termasuk yang dikendarai oleh INILAHCOM), berdasarkan pantauan angka di Multi-Information Display (MID).

Meski demikian, konsumsi bahan bakar itu terbilang cukup irit mengingat kondisi cuaca yang panas dan jalanan macet.



* * *

Marketing and After Sales Service Director HPM Jonfis Fandy mengatakan bahwa Mobilio memang kendaraan fungsional yang ditujukan untuk keluarga dengan penambahan fitur yang semakin baik, serta hemat bahan bakar.

Model Mobilio terbaru memang tidak banyak berubah, namun menawarkan nilai lebih kepada konsumen yang membutuhkan kendaraan untuk sehari-hari.

"Ada konsumen dari kalangan smart buyer yang melihat dari sisi fungsional dan running cost. Mereka yang membandingkan ke sana," kata Jonfis, di sela-sela acara test drive.



Memang tidak banyak ubahan masif di New Honda Mobilio. Penyegaran yang dilakukan memang tergolong minim, tetapi cukup terasa. Di antaranya lampu depan proyektor dengan LED Daytime Running Light, velg 15 inci dengan desain baru, juga spoiler anyar yang lebih stylish di bagian depan, samping, dan belakang.

Untuk menambah kenyamanan di sepanjang perjalanan, New Honda Mobilio kini dilengkapi dengan New 6.2-inch Resistive Touchscreen Display Audio yang mendukung berbagai fitur seperti Hands Free Telephone, Bluetooth Connection, Rear Camera serta pemutar CD dan DVD.

Nuansa di dalam kabin juga semakin segar dengan warna baru pada bagian dasbor dan interior yang berwarna hitam dan ivory (two-tone), serta pola kain baru yang melapisi seluruh kursi kabin.



* * *

Di pasar Low MPV yang punya persaingan sangat ketat, Mobilio tidak lagi jadi primadona penjualan.

Sepanjang 2018, Toyota Avanza tetap memimpin pasar dengan 82.167 unit. Di posisi kedua menempel ketat Mitsubishi Xpander di angka 75.075 unit, diikuti Suzuki Ertiga 32.592 unit, Daihatsu Xenia 29.521 unit, dan Honda Mobilio 23.561 unit. Di belakangnya ada pesaing asal China, Wuling Confero dengan 11.062 unit.

Sebagai perbandingan, sepanjang 2017 dan 2016, Mobilio terjual masing-masing 35.430 unit dan 39.482 unit. Sejak pertama kali diluncurkan pada September 2013, Honda Mobilio telah terjual sebanyak 221.537 unit.

Bisa dibilang 'masa-masa keemasan' Mobilio sudah berlalu. Kini Mobilio tidak lagi dicari oleh tipe konsumen trend seeker, yakni para pembeli mobil terbaru yang melihat tren yang sedang berkembang. Konsumen tipe ini umumnya tidak terlalu berpikir soal budget, tetapi lebih mementingkan tren mobil baru yang sedang ramai.

Hal tersebut pun diakui oleh Jonfis. Dia mengatakan Honda sudah pernah mengalami lonjakan penjualan saat Mobilio baru meluncur beberapa tahun lalu. Namun, untuk saat ini, Honda hanya mempertahankan penjualan Mobilio dengan cara menambah fitur-fitur baru.

"Antara faktor lifetime dengan nilai mobilnya kadang-kadang sudah mulai turun, tapi kami bisa atur menjadi kompetitif. Dari segi harga mobil, hingga suku cadang," kata Jonfis yang tetap menargetkan New Honda Mobilio terjual sebanyak 20.000-an unit setahun.

Menurut dia, konsumen Mobilio beralih ke tipe smart buyer dan everyday user.

Smart buyer adalah pembeli yang kritis, tak hanya mementingkan fitur, tapi juga memperhitungkan running cost, kenyamanan maupun resale value alias harga jual kembali.

Sementara everyday user, Jonfis menambahkan, adalah konsumen yang menggunakan mobil untuk kegunaan sehari-hari dan sudah tahu mobil seperti apa yang dibutuhkan.

"Kami maksimalkan value yang bisa mereka dapat. Seperti yang dilakukan sekarang dengan penyegaran di eksterior maupun fitur. Mudah-mudahan konsumen bisa menerima," ujarnya.



Jonfis pun percaya bahwa Mobilio yang merupakan Low MPV berdesain stylish, irit bahan bakar, dan fun to drive itu meski tak lagi menjadi pemimpin pasar, tapi masih sangat relevan dengan kebutuhan konsumen.

"Kami tunjukkan kelebihan-kelebihan layanan yang dimiliki Honda, termasuk running cost yang rendah," paparnya.

Kelebihan itu antara lain fasilitas purnajual dengan biaya operasional rendah seperti gratis biaya jasa perawatan hingga 50.000 km/4 tahun hingga fasilitas layanan darurat 24 jam Experience Honda yang meliputi bantuan di jalan.

Jonfis menambahkan, Low MPV adalah segmen pasar terbesar di Indonesia. Meski demikian konsumen di segmen ini sangat sensitif terhadap harga. Oleh karena itu, pihak HPM sengaja memberikan lebih banyak fitur dan value, tetapi tetap tidak menaikkan harga.



* * *

New Honda Mobilio masih mengusung berbagai fitur yang menjadi keunggulan dari model ini. Dari sisi performa, kendaraan keluarga ini didukung mesin 1.5L i-VTEC yang menghasilkan tenaga 118 PS pada 6.600 rpm sebagai yang terbesar di kelasnya.

Dilengkapi dengan transmisi CVT with Earth Dreams Technology, New Honda Mobilio juga menghasilkan efisiensi bahan bakar yang tinggi.

Untuk keselamatan pengendara, mobil ini telah menggunakan rangka G-CON + ACETM untuk meredam benturan saat terjadi kecelakaan, serta dilengkapi Dual Front SRS Airbags untuk perlindungan lebih lengkap.

Sistem pengereman New Honda Mobilio juga didukung dengan ABS + EBD, sedangkan khusus untuk varian New Honda Mobilio RS mendapatkan tambahan fitur Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA).



Sejak pertama kali diluncurkan pada September 2013, Honda Mobilio hadir sebagai mobil Low MPV berdesain stylish, irit bahan bakar, dan fun to drive. Hingga kini, Honda Mobilio telah terjual sebanyak 221.537 unit dan meraih 18 penghargaan dari berbagai media otomotif di Indonesia, di antaranya yaitu Car of the Year 2014, Best of the Best MPV 2015, dan Best Low MPV 2016.

New Honda Mobilio tersedia dalam tujuh pilihan warna yang terdiri dari Taffeta White, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, Crystal Black Pearl, serta penambahan warna baru Coffee Cherry Red Metallic.

Khusus untuk varian RS memiliki dua pilihan warna lainnya, yakni Phoenix Orange Pearl dan White Orchid Pearl.

* * *

New Honda Mobilio S (M/T) hadir dengan beberapa fitur seperti New Stylish Front Grille Design, New 15" Alloy Wheel, New 2DIN Audio with Bluetooth & Hands Free Telephone.

New Honda Mobilio E (M/T dan CVT) hadir dengan seluruh fitur di New Honda Mobilio S, ditambah New Projector Headlight with LED Daytime Running Light, New 15" Two Tone Alloy Wheel Design, New Front, Side, Rear Under Spoiler, New Black/Ivory Interior Color (Two Tone), New 6,2" Resistive Touchscreen Display Audio with Bluetooth & Hands Free Telephone.

New Honda Mobilio RS (M/T dan CVT) hadir dengan seluruh fitur di New Honda Mobilio E, ditambah fitur baru termasuk New 15" Sporty Alloy Wheel Design, New Shark Fin Antenna, New Smoked Rear Combi Lamp, New Sporty Dashboard Design with Orange Lining, New 8" Capacitive Touchscreen Display Audio with Bluetooth, Hands Free Telephone & Smartphone Connection, New Meter Cluster Design with RS Logo.

* * *

Harga on the road wilayah Jabodetabek

- New Mobilio S (M/T): Rp194.000.000
- New Mobilio E (M/T): Rp214.500.000
- New Mobilio E (CVT) Rp225.500.000
- New Mobilio RS (M/T): Rp237.500.000
- New Mobilio RS (CVT): Rp248.000.000. [ikh]



Tidak ada komentar:

Posting Komentar