Laman

Kamis, 03 Januari 2019

Tahun Baru, Trafik Data XL dan Telkomsel Meningkat

Tahun Baru, Trafik Data XL dan Telkomsel Meningkat

INILAHCOM, Jakarta - Operator selular XL Axiata dan Telkomsel mencatat kenaikan penggunaan layanan data yang cukup signifikan selama libur panjang akhir tahun.

Untuk XL, kenaikan trafik tertinggi ada pada tanggal 23 Desember 2018 sebesar 40 persen dan 1 Januari 2019 sebesar 83 persen.

Dari jenis layanan, kenaikan trafik tertinggi ada pada akses ke layanan Instant Messaging, yaitu meningkat 540 persen dibandingkan hari-hari biasa.

"Antusiasme masyarakat dalam merayakan libur panjang sangat terlihat beberapa tahun terakhir. Bahkan hampir tak ada beda dengan saat libur Lebaran. Jalan-jalan di Ibukota Jakarta menjadi lengang, sementara itu jalan menuju luar kota menjadi padat. Melalui sistem monitoring jaringan, kami melihat tingkat perpindahan pelanggan juga cukup tinggi. Trafik penggunaan layanan di banyak area di luar Jakarta meningkat signifikan, sebaliknya di Jakarta cenderung berkurang,” ujar Yessie D. Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata, dalam siaran persnya.

Dia menambahkan, berkat persiapan yang matang, jaringan XL sukses dan lancar dalam melayani pelanggan di semua wilayah, termasuk di area-area yang mengalami peningkatan trafik secara signifikan.

Untuk memastikan jaringan benar-benar aman, maka XL meningkatkan kapasitas jaringan pada sekitar 1.500 site yang meng-cover area atau wilayah yang kemungkinan akan mengalami peningkatan trafik selama libur Natal dan tahun baru.

Site-site tersebut antara lain berada di jalur utama transportasi darat menuju kota-kota tujuan liburan, juga di sekitar lokasi-lokasi wisata.

Selain itu, berbagai upaya juga telah disiapkan, antara lain dengan penempatan sejumlah Mobile BTS di berbagai lokasi yang tersebar di Sumatra, Jakarta, pusat Kota Bandung serta di jalur tol Trans Jawa.

Area yang mengalami kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Buleleng, Bali sebesar 211 persen, Kabupaten Deli Serdang 140 persen, dan Kota Medan 115 persen.

Saat Natal, 24-25 Desember 2018, trafik di wilayah yang banyak komunitas Nasrani seperti Medan mengalami peningkatan trafik sebesar 35 persen, Manado 55 persen, dan Kupang 37 persen.

Sama halnya dengan XL, kenaikan trafik juga dialami oleh jaringan Telkomsel. Saat malam pergantian tahun baru, trafik layanan data atau payload Telkomsel mencapai 17,2 petabyte atau meningkat 21,3 persen dibandingkan rata-rata payload pada hari normal 2018.

Dibandingkan dengan periode tahun baru sebelumnya, trafik layanan data kali ini melonjak 61,7 persen.

GM External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin menjelaskan, tingginya peningkatan trafik layanan data antara lain dipicu oleh meningkatnya aktivitas pelanggan yang menggunakan layanan video streaming di smartphone atau komputer tablet saat pergantian tahun baru.

"Selain itu, pelanggan juga melakukan aktivitas momen ini melalui berbagai media sosial serta berkomunikasi melalui pesan instan yang mengalami peningkatan pada periode ini," ungkap Denny.

Menurutnya, wilayah yang mengalami peningkatan trafik data ini, khususnya adalah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta dengan peningkatan 27,6 persen dibandingkan hari normal, diikuti Jawa Barat (26,8 persen) dan Sumatera Utara (24,0 persen).

Denny juga menyebut kalau trafik layanan SMS juga mengalami peningkatan sebesar 13,1 persen dibanding trafik reguler hari biasa.

Kontribusi tertinggi penggunaan layanan data secara umum berasal dari pelanggan yang menyaksikan film atau video secara streaming yang mencapai 33,4 persen. Pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk aktivitas di media sosial dengan kontribusi sebesar 32,5 persen.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar