Laman

Kamis, 03 Januari 2019

LG Patenkan Desain Smartwatch dengan Kamera

LG Patenkan Desain Smartwatch dengan Kamera

INILAHCOM, San Francisco - LG dilaporkan telah mengajukan paten ke kantor merek dagang dan paten AS atau USPTO untuk desain produk jam tangan pintar alias smartwatch.

Menariknya, paten tertanggal 20 Desember 2018 ini menunjukkan beberapa desain yang mengintegrasikan kamera ke dalam gelang jam dari perangkat wearable tersebut.

Paten ini juga menampilkan 'terminal seluler' yang menunjukkan konektivitas seluler, dan menghadirkan beberapa solusi untuk 'smartwatch yang memiliki ukuran kecil yang dapat dikenakan di pergelangan tangan'.

Namun, paten ini juga menjelaskan bagaimana 'sulitnya bagi jam tangan pintar untuk memiliki kamera' dengan tujuan menangkap informasi.

Terlepas dari hal itu, dengan paten ini berarti bahwa LG ingin menciptakan solusi teknis untuk memiliki kamera pada perangkat smartwatch dan menghadirkan banyak cara untuk mendekati tujuan tersebut.

Dari paten ini pun tampak pengguna memiliki opsi untuk dengan mudah menyesuaikan sudut kamera terhadap badan jam tangan tanpa harus memutar pergelangan tangan untuk mendapatkan bidikan.

Gelang jam tangan dapat disesuaikan sehingga pengguna dapat dengan mudah memiringkan kamera, versi yang tertanam langsung pada gelang jam, atau versi kamera dengan klip yang dapat dipasang di sepanjang gelang jam.

Meletakkan kamera pada pergelangan tangan menimbulkan pertanyaan mengenai fungsinya di dunia nyata, selain untuk mengambil foto seseorang atau sesuatu secara diam-diam.

Paten ini juga menguraikan beberapa kemungkinan penggunaan, seperti mengambil foto makanan untuk melacak asupan kalori yang terkandung di dalamnya, atau pengguna dapat memindai QR code atau barcode barang saat berada di toko tanpa harus melalui smartphone.

Waktu pengajuan paten juga terlihat sangat menarik mengingat LG belum lama ini meluncurkan W7 Watch, namun mendapat sambutan dingin dari dunia teknologi karena ukurannya yang besar dan mahal, fitur 'pintar' yang terbatas, masa pakai baterai yang buruk, chipset lama dan antarmuka yang menggunakan jarum mekanik.

Dengan demikian, LG tampaknya berencana untuk meluncurkan produk smartwatch lainnya, namun dengan inovasi yang lebih besar, seperti menempatkan kamera di perangkat wearable tersebut.

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar