Laman

Rabu, 26 Desember 2018

Inilah 7 Fakta Menarik tentang Tsunami

Inilah 7 Fakta Menarik tentang Tsunami

TSUNAMI adalah serangkaian gelombang air besar yang disebabkan oleh letusan gunung berapi atau gempa bawah laut atau tanah longsor atau dampak dari meteoroid atau jenis ledakan bawah air.

Rangkaian gelombang Tsunami juga dikenal sebagai kereta gelombang dan waktu antara dua gelombang dapat berkisar antara beberapa menit dan beberapa jam.

Biasanya gelombang pertama Tsunami bukanlah yang paling merusak. Gelombang ke-5 atau ke-6 lah yang paling kuat yang memiliki kemampuan untuk menghancurkan banyak wilayah.

Orang pertama yang berhubungan dengan Tsunami untuk gempa adalah sejarawan Yunani Thucydides yang disebutkan dalam bukunya yang berjudul History of the Peloponnesian War.

Mengutip National Geographic, berikut adalah tujuh fakta menarik tentang Tsunami:

1. Tertinggi selama 25 tahun terakhir

Fakta menarik yang pertama adalah mengenai Tsunami yang terjadi pada tahun 2004 di Samudera Hindia. Saat itu, kekuatan gempa 9,0 SR yang terjadi di Pesisir Aceh melebihi dari besar gempa bumi yang terjadi dari 25 tahun silam.

Sebuah wilayah di dasar laut yang luasnya melebihi wilayah California terlepas dan berpindah ke atas sekitar 30 kaki. Air laut yang dalam jumlah besar tersebut meluap dan menjadi gelombang setinggi 25 meter.

2. Wilayah kerusakan

Tsunami dapat merusak wilayah yang berjarak sekitar radius 250 mil (400 km) dari pusat Tsunami dan biasanya terjadi dalam waktu 30 menit.

Jika para penduduk yang berada di pesisir pantai merasakan ada gempa, itu merupakan sebuah peringatan dari potensi terjadinya Tsunami untuk segera pergi ke daerah yang lebih tinggi.

3. Tsunami dapat memusnahkan kehidupan di Bumi

Ini adalah salah satu fakta Tsunami paling menarik yang disebabkan oleh hujan meteor. Di dalam sejarah, tidak pernah tercatat Tsunami yang disebabkan oleh serangan meteor.

Namun, menurut beberapa ilmuwan, hampir 3,5 miliar tahun yang lalu ada serangan meteorit yang menimbulkan Tsunami yang sangat besar dan memusnahkan semua kehidupan di Bumi.

Ada pula teori lain yang menyebutkan gelombang Tsunami setinggi 180 meter yang disebabkan oleh asteroid 4.800 tahun yang lalu terjadi di Samudera Hindia.

4. Gempa terbesar dalam sejarah dunia

Gempa terbesar yang tercatat dalam sejarah dunia terjadi pada tahun 1960. Pusatnya berada 100 mil (160 km) dari lepas pantai Chile.

Hampir 15 menit berlalu ketika gelombang 80 meter menghantam pantai. Di Hawaii terjadi sekitar 15 jam setelahnya dan 22 jam setelahnya gelombang Tsunami itu mencapai ke Jepang setelah melalui jarak 10 ribu mil (16.000 km).

5. Memiliki kecepatan yang sama dengan pesawat jet

Di daftar fakta menarik mengenai Tsunami, ini merupakan hal yang tidak dapat dipercaya mengenai kecepatan sebuah gelombang Tsunami.

Kecepatan Tsunami dapat mencapai 600 mil/jam (965 km/jam) yang artinya sama dengan kecepatan sebuah pesawat jet. Padahal normalnya gelombang air hanya sekitar dua sampai 60 mil/jam.

6. Sekitar 9.000 wisatawan tewas pada Tsunami 2004

Pada 26 Desember 2004, Tsunami yang terjadi di Samudera Hindia menyebabkan sekitar 283.000 orang meninggal. Lebih dari 9.000 di antaranya adalah wisatawan dari seluruh dunia.

Banyak turis dari negara-negara seperti AS, Inggris, Australia, Prancis, dan Jerman berada di pantai-pantai Asia Selatan seperti Indonesia, Malaysia, dan Sri Lanka, untuk merayakan liburan Natal dan Tahun Baru.

7. Gelombang Tsunami di laut dalam biasanya rendah

Fakta menarik yang terakhir adalah kekuatan gelombang Tsunami di lautan yang dalam. Di wilayah laut yang sangat dalam, gelombang Tsunami tingginya hanya sekitar 30 cm hingga 1 meter.

Bahkan, terkadang pelaut tidak tahu bahwa gelombang tersebut terjadi di bawah kapal mereka. [ikh]
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar