INILAHCOM, Jakarta - Gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 dimanfaatkan oleh Pertamina Lubricants untuk meluncurkan sebuah aplikasi bernama Pertamina Owner and Mechanic Reward atau disingkat Power.
Aplikasi berbasis Android ini bertujuan membangun hubungan kerja sama yang baik antara pemilik outlet dan mekanik. Power dipakai sebagai alat untuk mendapatkan informasi terbaru dari Pertama Lubricants. Aplikasi ini hadir dengan identitas warna dasar Pertamina, yaitu kombinasi biru, hijau dan merah.
"Pertamina terus melakukan akselerasi bisnis melalui transformasi digital sebagai upaya untuk beradaptasi dengan perubahan pasar dan perkembangan teknologi. Outlet maupun mekanik dituntut untuk menjadi tech atau digital savvy dalam membangun bisnis agar semakin maju. Power adalah salah satu bentuk digitalisasi proses bisnis untuk memperkuat jaringan dengan bengkel secara real time," jelas Andria Nusa, Direktur Sales & Marketing Pertamina Lubricants, di sela-sela gelaran IMOS 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.
Aplikasi Power berfungsi untuk mempermudah perusahaan mendapatkan history penjualan dari outlet secara rinci. Outlet dan mekanik dapat mengetahui program partnership promo internal. Salah satunya adalah program cutting label yang sebelumnya dilakukan secara manual, kini dapat menggunakan scan QR code botol pelumas.
Nantinya setelah poin tercukupi, para mekanik berkesempatan mendapatkan reward berupa sepeda motor, voucher belanja, dan berbagai bonus lainnya.
Aplikasi yang sudah bisa diunduh di Google Play Store ini diharapkan dapat mempermudah partner bisnis mendapatkan keuntungan yang sebelumnya hanya bisa diklaim secara manual kini bisa diklaim melalui aplikasi.
"Dengan adanya Power, diharapkan mekanik dan pemilik bengkel bisa memberi benefit, terkait penjualan produk pelumas Pertamina," lanjut Andria.
Selain itu, Power juga bisa menjadi alat bagi pemilik bengkel dan mekanik untuk menjalankan program partnership promo dengan berbagai partner seperti e-commerce, market place, transportasi online dan perusahaan fintech.
Contohnya ketika Pertamina Lubricants mengadakan promo diskon pembelian oli via online, maka konsumen bisa menukarkan kode voucher itu kepada mekanik agar bisa terpakai.
Untuk tahap awal, Power diterapkan di seluruh bengkel own-channel Pertamina Lubricants seperti OliMart, Bright Olimart, dan Enduro Express. Lalu akan berlanjut ke selected outlets lainnya.
Dalam lima tahun ke depan, Pertamina Lubricants mempunyai misi meningkatkan jangkauan OliMart di seluruh Indonesia. Mereka berkomitmen untuk menyiapkan OlimMart di setiap kota dan kabupaten di Indonesia.
Hal tersebut dilakukan agar konsumen semakin mudah untuk mendapatkan Pelumas Pertamina yang terjamin keasliannya. Bagian ini merupakan cara menghadapi tren digitalisasi di Indonesia, khususnya konsumen generasi milenial.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar