Laman

Jumat, 05 Oktober 2018

Dampak Ponsel Layar Besar, Pasar Tablet Makin Lesu

Dampak Ponsel Layar Besar, Pasar Tablet Makin Lesu

INILAHCOM, Taipei - Berdasarkan laporan riset dari Digitimes, Pengiriman tablet global diperkirakan akan turun baik pada 2018 dan 2019 untuk mencapai 141 juta unit tahun depan, dikanibalisasi oleh smartphone ukuran besar.

Tapi perlu diingat, penelitian ini juga menegaskan bahwa tablet yang mengalami penurunan penjualan tersebut adalah tablet yang berukuran 7 inci ke bawah. Dan hal ini nampaknya takkan berlaku untuk tablet berukuran 9 inci ke atas karena ukuran tablet ini justru yang akan terus berkembang sejak tahun 2018 ini.

Penurunan ini diteliti berasal dari bagaimana smartphone masa kini sudah semakin lebar layarnya dan bisa digunakan sebagai ganti tablet. Mengingat layar smartphone standar saat ini sudah mencapai lebih dari 5,5 - 6 inci, maka tidak mengherankan jika alih-alih menggunakan tablet terpisah, pengguna akan lebih memilih untuk mengganti dengan smartphone baru.

Penelitian ini juga menyebutkan bahwa tren smartphone layar lebar yang juga hadir di iPhone terbaru dengan layar maksimal 6,5 inci juga ambil alih terhadap pergeseran tren pembelian konsumen.

Disebutkan juga, tablet yang akan lebih laku terjual hingga 2020 mendatang adalah tablet berukuran 9,7 - 12,9 inci.

Terakhir disebutkan, Apple memiliki share terhadap pasar tablet yang akan semakin berkembang hingga setidaknya 5 tahun ke depan berkat perilisan tablet iPad kelas entry.

Sebagai tambahan juga, iPad bisa jadi akan menjadi pilihan utama konsumen ketika memilih sebuah tablet, ketimbang memilih tablet berbasis Android lainnya yang setara.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar