INILAHCOM, Jakarta - UC Browser menggandeng Lazada merilis laporan bertajuk 'Konsumsi Selama Ramadan tahun 2018'. Laporan tersebut menginformasikan terkait konsumsi konten dan kebiasaan berbelanja online masyarakat selama bulan Ramadan lalu.
'Buka puasa' jelas menjadi kata paling panas dengan penyebutan di sebanyak 24.185 artikel. Berdasarkan data dari City’s Popularity Index yang terlihat dari banyaknya pembaca, shares, dan komentar terhadap kata kunci spesifik pada sebuah artikel, Jakarta menempati posisi nomor satu dengan lebih dari 25 juta indeks, diikuti Medan (12 juta indeks) dan Surabaya (3 juta indeks).
Sementara 'kereta api' menjadi armada transportasi yang paling popular dibicarakan selama bulan Ramadan dengan indeks popularitas lebih dari 4,1 juta. Pesawat terbang, kapal, dan bus menempati posisi kedua, ketiga, dan keempat dalam daftar dengan indeks popularitas masing-masing 4,05 juta, 1,28 juta, dan 655 ribu.
Sebagian data yang UCWeb berikan berasal dari UC Trends, yaitu platform penyedia data dan indeks tren dari UCWeb yang telah diluncurkan secara resmi di India dan menyusul akan dapat diakses di Indonesia.
Berdasarkan laporan, terdapat 6 miliar page views yang diakses melalui UC Browser selama Ramadan, dengan lebih dari 800 penyedia konten dan hampir 600 ribu artikel.
Rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna mengakses UC Browser adalah 40 menit dan berdasarkan data yang terlihat di App Annie, waktu tersebut hampir 1,5 kali dari rata-rata yang pengguna habiskan melalui Chrome dari kurun waktu tanggal 11 Mei hingga 20 Juni 2018.
"Melalui kerja sama dengan Lazada, kami berharap dapat menggali lebih dalam apa saja hal-hal menarik dari para pengguna. Dengan teknologi big data dan lebih dari 40 juta pengguna aktif bulanan (monthly active users/MAU) di Indonesia, UC Browser dapat semakin meningkatkan keuntungan dari sisi teknologi, jumlah pengguna, dan kerjasama dengan unit lain dari bisnis grup Alibaba untuk menyediakan informasi berharga terkait konsumen," ujar Damon Xi, General Manager UCWeb Indonesia dan India, Alibaba Digital Media and Entertainment Group, dalam siaran persnya.
Sementara itu, tren masyarakat sekarang lebih banyak memanfaatkan paltform belanja online untuk menjaga penampilannya. Berdasarkan dari data penjualan Lazada di bulan Ramadan, enam kategori dengan penjualan terbanyak adalah fesyen, kesehatan & kecantikan, smartphone, tas, jam tangan dan kacamata, serta perlengkapan bayi.
Hal ini juga sejalan dengan temuan dari UC Browser, lima besar kategori artikel paling popular, yaitu gaya dari selebriti, model hijab bagi wanita, dan koleksi pakaian Muslim.
Kategori lainnya yang popular, yaitu informasi terbaru dari selebriti di bulan Ramadan dan flash sale telepon pintar. Kompetisi penjualan telepon pintar sangat ketat dan Xiaomi, Samsung, ASUS, dan Infinix sukses menjadi empat besar merek dengan penjualan terbanyak selama Ramadan.
Tak hanya itu, blogger UC-We-Media telah memberikan begitu banyak artikel yang menarik dari berbagai sudut pandang untuk memenuhi keinginan pengguna. 'Ucapan Ahok tentang Ramadan yang Menggemparkan Umat Islam' dari Agen Update mendapat 212 ribu page views.
Senin, 02 Juli 2018
UCWeb-Lazada Paparkan Hasil Riset Ramadhan 2018
UCWeb-Lazada Paparkan Hasil Riset Ramadhan 2018
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar